5 Ayat Al-Quran tentang Kejujuran Berikut Artinya

Diposting pada

Kejujuran itu berasal dari hati kita yang bersih, dimana jujur ini artinya cukup luas sebab merupakan kesinambungan antara perilaku, ucapan dan perkataan yang kita sampaikan kepada orang lain ataupun kepada diri kita sendiri. Apabila antara hati, perilaku dan perkataan itu ketiganya tidak sesuai satu dengan yang lainnya maka ini adalah sifat yang perlu kita hindari karena disebut juga dengan dusta, saran dari kami jauhilah sifat seperti ini dan mulai sekarang berkata jujurlah dan sesuaikan apa yang ada di hati, ucapan dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan masyarakat agar kita juga dihormati oleh orang lain karena kejujuran yang kita miliki.

5 Ayat Al-Quran tentang Kejujuran Berikut Artinya

Terkadang perilaku jujur itu tidak mudah kita temukan di masa sekarang ini karena tidak sedikit orang yang memakai kebohongan untuk dapat menggapai apa yang menjadi tujuannya sheingga menghalalkan segala cara, Perlu kita tahu bahwa agama melarang kita berbohong baik kepada diri ataupun kepada orang lain. Contoh dari ketidakjujuran adalah ketika ada pedagang yang mengurangi timbangan agar dia pikir bisa mendapat banyak keuntungan dari perbuatan tersebut serta tidak adanya kesesuaian dan kesepakatan seperti diawal dan masih banyak hal lain di sekitar kita, tapi semoga hal tersebut semakin berkurang dan semoga mereka yang berbuat tidak jujur segera sadar akan kekeliruannya. Nabi kita Rasulullah sallalahualaihi wassalam mendapat gelar al-Amin artinya adalah orang yang dipercaya oleh sebab itu masyarakat di masanya selalu memegang amanah yang diberikan kepadanya.

Perilaku dan sifat kejujuran Rasulullah ini perlu kita teladani sebab sifat kejujuran ini bisa membawa kita kepada banyak kebaikan seperti dilansir dalam hadist Rasulullah “Dari Abdullah bin Masud, Rasulullah saw. bersabda “sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa ke surga.” (H.R. Bukhari). Keuntungan memiliki sifat jujur akan mendapat rezeki serta kenikmatan yang Tuhan berikan, serta di akhirat mendapat balasan yang lebih baik lagi.

5 Ayat Al-Quran tentang Kejujuran Berikut Artinya

Surat Al-Ankabut Ayat 3

وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَٰذِبِينَ

Artinya: Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta (Q.S. Al-Ankabut: 3)

Untuk bisa jadi orang jujur itu antara mudah dan tidak mudah, jadi kita perlu untuk istikomah untuk senantiasa berkata jujur dan jauhilah sifat dusta, karena tidak ada orang yang menyukai orang yang berdusta walaupun orang jahat sekalipun tidak suka dengan orang seperti ini, jadi apabila bertemu orang seperti ini maka nasehatilah agar bisa berkata dan berperilaku jujur di dalam kehidupan sehari-harinya.

Surat An-Nahl Ayat 105

إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ

Artinya: Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta (Q.S. An-Nahl: 105)

Orang yang gemar dusta serta lakukan kebohongan merupakan orang yangimannya tipis, karena perilakunya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam dan perbuatannya juga masih belum sesuai dengan agama. Jadi kita doakan saja agar orang seperti ini diberi hidayah sehingga tidak sampai terjerumus kedalam kebohongan yang lebih dalam lagi apalagi orang tersebut nantinya punya jabatan tapi sifat bohong masih belum hilang maka doakan orang seperti itu.

Surat Al-Maidah Ayat 8

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ

أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. al-Maidah :8)

Adil danjujur itu memang tidaklah mudah meskipun menjadi adil serta jujur untuk sendiri lebih mudah jadi perilaku jujur dan adil ini bisa kita latih dari sejak remaja hingga dewasa dan menjadi manfaat nantinya bagi orang banyak, gemar menolong dan juga bersedekah serta dipercaya oleh masyarakat karena kejujurannya.

Surat Az-Zumar ayat 33

وَٱلَّذِي جَآءَ بِٱلصِّدۡقِ وَصَدَّقَ بِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ

Artinya: Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (Q.S. Az-Zumar: 33)

Setelah kami afahami maka orang yang taqwa itu merupakan orang yang membenarkan apa yang telah dibawah oleh Rasulullah misalnya caranya ya itu dengan mengikuti apa yang rasulullah lakukan misalnya dalam hal ibadah kita ikuti saja mana ibadah yang sesuai dengan tuntunan beliau dan mana yang tidak jadi kita tidak perlu untuk menambah-nambah sendiri ibadah yang tidak dituntunkan oleh Rasulullah bahkan juga para sahabatnya.

Surat At-Taubah Ayat 119

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (Q.S. At-Taubah: 119)

Allah menyuruh kepada orang orang berimana supaya senantiasa bertaqwa artinya adalah kita jalankan perintahNya serta jauhilah segala apa yang dilarang olehNya. Lalu Allah perintahkan kita agar berasama dengan orang-orang yang bener milsanya jkika anda cari teman maka pilih teman yang baik perilakunya supaya bisa menambah kebaikan untuk kita di dunia dan di akhirat, jadi istilahnya adalah kita berkumpul lah dengan orang sholeh. Jika kita bergaul dengan orang soleh maka kita sedikit banyak akan ikuti kebaikannya misal dia rajin sholat 5 waktu di masjid maka kita akan ikuti juga.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Ayat Al-Quran tentang Kejujuran Berikut Artinya, semoga apa yang kami sampaikan diatas itu bisa memberi manfaat bagi kita semua sehingga dapat mencapai kehidupan bermasyarakat yang lebih baik lewat kejujuran yang berkesinambungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *