Allahumma Antassalam Tulisan Arab Latin dan Artinya

Diposting pada

Allahumma antassalam merupakan potongan bacaan dzikir yang bisa kita baca sesudah kita selesai menunaikan ibadah sholat wajib. Doa adalah ibadah dan do’a merupakan bentuk dari sebuah ikhtiar untuk meminta petunjuk dan juga meminta pertolongan dari Allah.

Bagi yang belum tahu maka kami jelaskan bahwa Dzikir berdasarkan dari bahasa artinya adalah ingat, sedangkan dzikir menurut dari istilah adalah sebuah aktifitas untuk mengingat Allah dengan tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya

Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya

Sesudah melaksanakan ibadah sholat wajib yang 5 waktu itu kita biasanya dilanjutkan dengan doa dan dzikir jadi keduanya dianjurkan sebab dzikir dan doa adalah sarana agar kita lebih dekat kepada Allah SWT. Oleh sebab itu kita disarankan untuk senantiasa berdoa dan berdzikir terutama sesudah sholat.

Lihat juga: Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Arab Latin dan Artinya Lengkap

Lalu allahumma antassalam artinya apa? Di kesempatan berikut kami akan segera menjelaskan beserta tulisan arabnya kepada anda semua.

Allahumma Antassalam Tulisan Arab Latin dan Artinya

Sebagai mana sudah kami jelasakan di awal bahwa Allahumma antassalam merupakan potongan dari bacaan dzikir. Yang bacaan lengkap atau aslinya adalah allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalali wal ikram. Allahuma antassalam arab dan artinya sebagi berikut,

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Latin : Allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalli wal ikram.

Artinya :  Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelek-helekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan kerusaman) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha baik.(HR. Muslim)

Apabila kita gunakan sebagai Doa Selamat maka lafadznya adalah sebagai berikut ini:

Doa selamat allahumma antassalam

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Latin : Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam fa hayyina rabbana bis-salam wa adkhilna-jannata daras-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram

Artinya : Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Baca juga: Bacaan, Arti & Makna Astaghfirullah wa atubu ilaih yang Harus Kita Pahami

Berdasarkan dari pengertian diatas, maka pada dasarnya intinya sama, dua-duanya adalah bacaan dzikir setelah sholat. Dan kesimpulannya adalah bahwa “Allahumma antassalam adalah potongan dari bacaan dzikir atau bisa juga potongan dari do’a selamat.

Itulah penjelasan dari Allahumma antassalam wa minkas salam yang bisa kami sampaikan kepada para pengjung blog masjid-imanuddin.com ini. Semoga berguna. Selanjutnya anda bisa lihat innahu min sulaiman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *