Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Arab Latin dan Artinya Lengkap

Diposting pada

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddin arab latin dan artinya secara lengkap – doa itu adalah bagian dari doa selamat yang bisa kita sebut juga dengan doa untuk memohon kepada Allah SWT kenikmatan di dunia dan terlebih lagi kenikmatan di akhirat. Jadi berdoa ini yaitu bentuk ikhtiar dan usaha kita untuk meminta pertolongan kepada Allah, doa ini adalah bentuk yang diupayakan dan disempatkan waktunya bagi setiap umat muslim agar memperoleh petunjuk, sebab dari Allah saja pertolongan dan petunjuk itu akan hadir di dalam kehidupan.

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin

Do’a Selamat & Do’a Meminta Kenikmatan Dunia dan Akhirat

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Arab Latin dan Artinya Lengkap

Allahuma inna nas aluka salamatan fiddin artinya yaitu “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan”. Yang bisa diartikan kita hanya meminta kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya.

Baca juga: Bacaan Doa Selamat Dunia Dan Akhirat Beserta Latin Serta Artinya

Doa selamat dunia dan akhirat beserta artinya

Allahuma inna nas aluka salamat fiddin merupakan potongan dari do’a selamat sebagi berikut,

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Latin : Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddini wa’afiatan filjasadi waziyadatan fil’ilmi wabarokatan firrizki wataubatan qablalmauti warahmatan ‘indalmauti wamaghfiratan ba’dal mauti, Allahuma hawwin ‘alaina fisakaraatil mauti, wanajaatan minannaari wal afwa indal hisaabi.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu(sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab.

Tafsir Doa Selamat

  • Salamatan fid din artinya adalah keselamatan dalam agama. Kita mempunyai agama islam, tetapi mungkin saja kita tidak merasakan selamat dari agama kita, seperti akhlak dan juga moral kita kurang baik.
  • Afiat filjasadi (sehat jasad/jasmani) diri kita semua pasti menginginkan kondisi sehat jasmani, sehingga kita bisa melaksanakan ibadah sesuai waktunya dan bisa menikmati akan indahnya ciptaan Allah.
  • Ziyadatan fi ilmi (tambahnya ilmu) Bertujuan supaya kita semua diberikan ilmu atau kecerdasan.
  • Barokatan fir rizki (rezeki yang barokah) bertujuan supaya kita diberikan rezeki yang berkah.
  • Taubatan qablal maut (taubat sebelum maut) Tidak semua orang dapat taubat sebelum datangnya maut.
  • Warahmatan indal maut (medapat rahmat ketika meninggal).
  • Wamaghfirotan ba’dal maut (ampunan setelah meninggal) supaya kita mendapatkan ampunan atas berbagai dosa yang sudah kita perbuat di masa lalu.
  • Hawwin alaina fisakaratil maut (kemudahan dari sakaratul maut) agar dimudahkannya jalan kita untuk melewati sakaratul maut.
  • Wannajaata minnanar (dijauhkan dari api neraka) semoga kita terhindar dari panasnya api neraka.
  • Wal afwa ‘indal hisab (pengampunan waktu hisab) waktu hisab yaitu penentuan dimana manusai akan masuk ke surga atau neraka, dengan adanya pengampunan di waktu hisab, mengharapkan Allah akan mengampuni dosa-dosa kita.

Doa ini sering diucapkan sesudah sholat berjamaah atau bisa juga dibaca oleh imam di saat sedang doa khutbah jumat atau pada saat sedang ceramah sebab makna dan isi dari doa selamat ini cukup lengkap.

Demikianlah arti allahumma inni as aluka salamatan fiddin yang mungkin sebagian orang baru mengetahui bahwa doa itu ternyata merupakan potongan dari doa selamat. Semoga maksud dan arti do’a allahumma inna nas aluka salamatan fiddin lengkap diatas bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.

One thought on “Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin Arab Latin dan Artinya Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *