Perbedaan Alpukat Mentega Dengan Alpukat Biasa

Diposting pada

Perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa perlu kita ketahui agar bisa sedikit mengetahui ciri-ciri dan manfaat yang dikandung dari alpukat jenis tersebut, di dunia ini ada berbagai macan jenis alpukat yang tersedia jadi berdasarkan perkiraan ada beratus-ratus jenis varietas alpukat yang terdapat di dunia, di negara kita Indonesia itu sekitar dua puluhan jenis alpukat yang ada, tapi di lingkungan masyarakat itu taunya ada 2 jenis yang terkenal yang pertama adalah alpukat biasa dan yang satu lagi adalah alpukat mentega sekarang apakah anda mampu membedakan kedua jenis alpukat tersebut yaitu alpukat mentega dan alpukat biasa. Berikut ini adalah gambar alpukat mentega.

alpukat mentega
alpukat mentega ada warna kuning

Apakah Alpukat Mentega itu?

Alpukat mentega adalah salah satu jenis alpukat unggulan dan merupakan varietas baru. Banyak yang mengira alpukat mentega adalah jenis varietas mentega yang hadir baru – baru ini dan terjadi dengan rekayasa genetika. Akan tetapi menurut Oktavianus Dwi Pamungkas dari Usaha Tani Mandiri mengatakan,

“Ya. Alpukat mentega memang varietas baru dalam tanaman alpukat, tapi ia sudah lama sekali ada. Alpukat ini bukan hasil rekayasa, melainkan penyimpangan genetika yang terjadi secara alamiah. Namun, penyimpangan tersebut justru membuatnya jauh lebih unggul ketimbang alpukat yang selama ini kita kenal”

Lebih lajut Oktavianus mengatakan “Kelebihan Alpukat Mentega Miki antara lain cocok ditanam di dataran rendah. Selain itu tanaman alpukat ini tidak disukai ulat karena mengandung enzim antiprotease. Dengan adanya enzim tersebut, ulat tidak bisa mengurai protein yang dibutuhkan untuk berkembang biak. Padahal pada tanaman alpukat jenis lain, ulat sangat sering menyerang,” tutur Okta.

Perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa & apa saja keunggulan alpukat mentega itu?

  • Alpukat mentega populer sebagai alpukat yang berbuah di sepanjang tahun tanpa tahu musim. Bahkan jenis alpukat ini bisa di panen dua hingga tiga kali dalam setahun.
  • Perbedaan lainnya dibanding alpukat biasa yang baru mulai berbuah pada umur sekitar enam tahun, Alpukat mentega memiliki waktu yang lebih cepat. Alpukat mentega sudah mulai berbuah di tahun ketiga setelah ditanam.
  • Pohon Alpukat mentega juga adalah tanaman yang adaptif terhadap semua lingkungan, tanaman ini bisa di tanam pada pekarangan rumah, taman, pinggir jalan bahkan pohon alpukat mentega dapat tumbuh dengan baik di tanah basah sekalipun.
  • Alpukat mentega punya daging buah yang lebih besar, tebal dan tidak memiliki serat seperti pada alpukat biasa yang sering anda dapati.
  • Ini yang paling menonjol yaitu warna daging buah yang kuning sepert mentega, hal inilah yang menjadi dasar penamaan varietas ini dengan sebutan alpukat mentega.
  • Dari rasa buahnya pun alpukat mentega memiliki rasa daging buah yang enak dan terasa gurih, sehingga rasa buah ini tetap nikmat dikonsumsi meski harus tanpa capuran gula.
  • Perbedaan dari yang biasa lainnya adalah Pohon alpukat mentega cenderung bebas dari hama pemakan daun dan buah dari sejak berbunga sampai menjadi buah. Hal ini karena ulat pemakan daun dan buah yang menjadi hama tidak menyukai alpukat mentega.
alpukat biasa
alpukat biasa

Demikianlah beberapa point yang dapat kami sampaikan berkenaan dengan Perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa serta ciri alpukat mentega matang, semoga setelah anda membaca artikel ini jadi mengetahui dengan jelas perbedaan kedua jenis alpukat tersebut jika ada kesempatan akan dibahas juga jenis alpukat super, sekian dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *