Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu dan Maksudnya

Diposting pada

Arti allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu – bagi anda yang belum tahu maka Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu merupakan do’a dalam sholat jenazah pada takbir ketiga. Di kehidupan di dunia ini ada kehidupan dan sebaliknya maka bagi umat muslim sebagian ada yang faham bagaimana hukum mengurus jenazah artinya wajib dilakukan oleh muslim lain terutama yang faham bagaimana mengurusnya, apabila tidak ada satupun orang yang menajalankan kewajiban tersebut maka dapat dipastikan semuaorang disitu akan berdosa.

Arti allahummaghfirlahu warhamhu arab

Mengurus jenazah itu bisa kita lakukan dengan bertahap yaitu diawali dengan memandikan, lalu mengkafani, mensholati dan terakhir adalah menguburkan jenazah sesuai syariat Islam.

Baca juga: arti innahu min sulaimana

Apa Arti Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu

Saat kita sedang menjalankan sholat jenazah, maka pada takbir pertama membaca Surat Al-Fatihah, di takbir yang kedua membaca Sholawat Nabi, Sementara itu pada takbir terakhir membaca ‘ Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu’.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Latin : Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu
Artinya :

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.

Bacaan takbir ketiga dalam shalat jenazah

Inilah merupakan bacaan takbir ketiga sholat jenazah secara lengkap tuliskan bacaan setelah takbir ketiga dalam shalat jenazah :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّار

Latin : “Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi’ madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa as khilhul jannasta waaidzhu min `adsaabil qabri wa min `adsaabin naar”.

Lihat juga:

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya, mulyakan tempatnya (ialah surga) dan luaskanlah kuburannya. Basuhkanlah kesalahan-kesalahannya sampai bersih sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran. Gantikanlah rumah lebih baik daripada rumahnya dahulu, keluarganya lebih baik dari yang dahulu, dan masukanlah ia ke surga dan jauhkanlah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Pertanyaan yang diajukan

Allahummaghfirlaha untuk siapa?

Jangan lupa saat membaca doa untuk menyertakan kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlaha warhamha artinya bagi doa untuk orang yang telah meninggal perempuan. Artinya: “Ya Allah Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, bebaskanlah dia, dan maafkanlah dia.

Allahummaghfirlahu untuk laki2 apa perempuan?

Walaupun demikian, pada dasarnya berdoa dengan lafadz allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu boleh-boleh saja untuk laki-laki atau perempuan, tunggal atau pun jamak, dengan catatan jika kita masih awam dan sedang dalam proses belajar.

Lihat juga: Robbi Habli Minassholihin artinya

Demikianlah Arti dan maksud dari allahumaghfirlahu warhamhu arab beserta artinya yang adalah potongan dari do’a sholat jenazah pada takbir ketiga. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. Jadi allahummaghfirlahu bisa untuk laki atau perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *