Bacaan, Arti & Makna Astaghfirullah wa atubu ilaih yang Harus Kita Pahami

Diposting pada

Sesudah anda selesai melaksanakan dan mendirikan sholat 5 waktu maka biasanya dianjurkan untuk membaca mengucapkan Astaghfirullah wa atubu ilaih, kita sering membaca bacaandoa tersebut tapi apakah kita benar-benar mengetahui arti, maksud dan makna dari doa astaghfirullah wa atubu ilaih yang sering kita ucapkan?

Dalam kesempatan hari ini kami akan coba memberikan sedikit gambaran dan ulasan berkaitan dengan arti dan maksud dari bacaan itu. Baiklah disarnkan untuk kita mengerti dan memahami arti dari bacaan tersebut dan bukan sekedar hanya mengucapkannya saja tapi faham maknanya agar doa kita lebih diijabah.

Baca juga : innahu min sulaimana

Bacaan dan Arti Astaghfirullah wa atubu ilaih yang Harus Kamu Pahami

Arti dan Maksud dari Astaghfirullah wa atubu ilaih

Kalimat tersebut adalah lafadz istighfar dimana berasal dari Alquran dan Hadits sebab makana dari lafadz itu mempunyai berkah yang cukup untuk kita. Jadi kita disarankan untuk sering-sering membaca lafadz istighfar itu/

Bacaan ataupun Lafadz “Astagfirullah” pula sering dibaca oleh Rasulullah SAW setelah dalam kondisi apapun. Arti Astagfirullah wa atubu ilaih adalah “Aku memohon ampunan kepada Allah, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Jadi makna, maksud dan arti dari bacaan itu cukup bermakna bagi kita agar membuat hari kita dan siapapunyang membaca lafadz tersebut hati dan pikirannya menjadi lebih tenang dalam hidup sehari-hari, jadi kami menganjurkan agar kita memperbanyak bacaan istighfar terlebih lagi sesudah selesai mengerjakan mendirikan shalat 5 waktu serta penting juga dalam kehidupan harian kita.

Baca juga: bismillahi majreha wa mursaha

Itu saja ulasan singkat dari kami dan semoga ada manfaatnya bagi kita semua dan siappun yang rutin membaca bacaan istighfar tersebut terutama sesudah shalat lima waktu, serta kita juga diharuskan untuk meningkatkan ilmu ketaqwaan kita artinya menjauhi larangan-Nya serta mentaati semua apa yang diperintahkan-Nya. sekian dan semoga bermanfaat bagi para pembaca terutama sesudah mengerti maksud dan arti dari Astaghfirullah wa atubu ilaih.

10 thoughts on “Bacaan, Arti & Makna Astaghfirullah wa atubu ilaih yang Harus Kita Pahami

  1. Sangat simpel. Kenapa harus milih yang susah untuk mendatangkan rezeki ? Subhaanallah. Istighfar memang salah satu jalan terbaik tuk mendatangkan rezeki. Syukron.

    terima artikel artikelnya tentang istighfar pembuka pintu rizky smoga bermanfaat untuk keluargaku & saudaraku yg muslim amin

    Subhaanalloh, sangat bermanfaat, istighfar dapat melembutkan hati dan menghilangkan kesombongan…

    1. Apa perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim?
      Perbedaan yang paling signifikan adalah Astagfirullah langusng menyebut nama Allah sedangkan untuk Astagfirullahadzim menyebut Allah dengan sifat yang Maha Agung. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap sesuatu itu ada perhiasannya dan perhiasan dosa-dosa adalah istighfar atau meminta ampunan.”

  2. Dari Syaddad bin Aus, bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Istighfar yang paling istimewa adalah: “Allôhumma anta robbî lâ ilâha illâ anta kholaqtanî wa anâ ‘abduka wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, abû’u laka bini’matika ‘alayya wa abû’u laka bidzanbî, faghfirlî fa innahu lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta, a’ûdzubika min syarri mâ shona’tu” (Ya Allah, Engkaulah Rabbku itdak ada yang berhak disembang melainkan diriMu. Engkau telah menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu dan aku akan setia di atas perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku mengakui nikmat-Mu untukku dan aku mengkaui dosaku. Maka ampunilah diriku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa melainkan diri-Mu. Aku memohon perlindungan dari-Mu dari keburukan perbuatanku). Andaikan seorang hamba mengucapkannya di sore hari kemudian ia mati maka akan masuk surga atau akan termasuk penghuni surga. Dan jika ia mengucapkannya di pagi hari lalu meninggal maka ia akan mendapatkan ganjaran serupa”.

    1. Kapan kita mengucapkan Astaghfirullah?

      Astaghfirullah dan astaghfirullahaladzim bisa diucapkan kapan saja karena manusia tak pernah luput dari dosa. Sehingga, kalimat istighfar dapat dibaca tiap saat tanpa harus menunggu saat khilaf atau marah.

  3. Redaksi lengkap haditsnya adalah:

    “مَنْ قَالَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ غُفِرَ لَهُ وَإِنْ كَانَ فَرَّ مِنْ الزَّحْفِ”

    “Barangsiapa mengucapkan “Astaghfirullahal azhim alladzi la ilaha illah huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih” niscaya akan diampuni walaupun lari dari medan perang”.

  4. Apa arti dari Astagfirullah wa atubu ilaih?
    Jika diartikan, arti astaghfirullah wa atubu ilaih adalah ‘Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepada-Nya

  5. Apa arti dari Astaghfirullahaladzim la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih?

    Jawab:
    “Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.” Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

  6. Berapa kali kita harus istighfar?

    Jawab:
    “Sayyid Muhammad Alawi menjelaskan, orang yang membaca istigfar ini 25 kali atau 27 kali setiap hari, maka dia termasuk orang yang doanya dikabulkan dan diberi rezeki oleh Allah SWT,”

  7. Apa keajaiban istighfar?

    Jawab:
    Manfaat istighfar tidak hanya akan diberi ampunan atas dosa-dosa. Namun, juga bisa membukakan pintu rezeki bagi si pembacanya. Hal itu dijelaskan Allah SWT dalam firmannya di Surat Nuh ayat 10-12

  8. Barang siapa yang memperbanyak istighfar?

    Rasulullah Saw pernah bersabda dalam sebuah hadist, berbunyi “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *