9 Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Cinta Sejati

Diposting pada

Apabila dibahas secara rinci maka air di lautan jika menjadi tinta akan habis untuk menulis mengenai hal tersebut. Diawali dari oerasaan yang datang ke jiwa seorang manusia lalu masuk ke pikiran juga akal sehat. Ada isi dan kandungan Al-quran yang berisikan tentang jodoh dan juga pernikahan. Sebagian dari kita pernah mengalami menemukan jodoh lalu menikah dari hal tersebut kita belajar kesetiaan untuk menggapai kebahagiaan.

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Cinta Sejati

Begitu indahnya ayat Al-Quran yang mengulas mengnei cinta sejati, siapapun orang yang akan mencoba memahami dengan tingkat pemahaman yang tidak sama dan beda-beda. Naluri untuk saling mencintai tidak hanya diberikan kepada lawan jenis saja contohnya seorang laki-laki kepada seorang perempuan atau pun sebaliknya.

Baca juga: 7 Ayat Al Quran Tentang Cinta dan juga Kasih Sayang

Akan tetapi, dengan adanya naluri inilah terjadi kasih sayang antara orang tua dengan anaknya, seorang anak menyayangi orang tuanya. Bahkan ada juga cinta manusia kepada hewan piaraan misalnya kucing, kelinci, burung dan banyak lagi.

Tentunya Al-quran diturunkan oleh Allah Ta’ala kepada manusia agar kita sebagai umat muslim dapat menggapai kebahagiaan kehidupan di dunia juga di akhirat. Perjalanan hati yang tidak sederhana dalam menjalani kehidupan dengan segudang tanda tanya, sampai menunggu proses untuk saling menyempurnakan.

Kehidupan dari dunia ibarat sebuah pantulan atau bayangan atas perbuatan. Jika kita mau untuk mendapatkan lebih banyak, maka munculkanlah kasih sayang kepada Tuhan, sesama manusia serta juga lingkungan alam sekitar. Hidup akan memberikan kembali segala sesuatu yang sudahah diberikan kepadanya.

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Cinta Sejati

Kita sebagai manusia tentu memiliki cinta dan juga kasih sayang karena itu adalah ruh kehidupan, apabila tidak memilikinya maka manusia itu seperti jasad yang tidak memiliki nyawa. Kita perlu menjaga kasih sayang itu namun apabila tidak maaka seperti di tengah lautan gelap guluta. Adanya ayat Al-quran ini sebagai kaum muslim merasakan ketengangan dan kebahagiaan dari Tuhan.

Satu dari kebahagiaan tersebut adalah kecintaan kepada Allah Ta’ala dan juga segala sesuatu yang dicintai oleh-Nya. Yaitu salah satu pokok kebaikan dan amalan bermanfaat paling baik dalam kehidupan manusia.

  1. “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (Adz Dzariyat: 49)
  2. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah Swt akan mengkayakan mereka. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (An Nur: 32)
  3. “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (Ar-Ruum: 21)
  4. “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu.” (An Nisa: 1)
  5. “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.” (Ali Imron:14)
  6. “Katakanlah (Wahai Rasulullah), Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” (Ali Imron: 31)
  7. “Orang-orang yang (semasa di dunia) saling mencintai pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa.” (Az-Zukhruf: 67)
  8. “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya: dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” (An-Naml: 30)
  9. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” (Al-Fatihah: 1)

Baca juga: 7 Bacaan Ayat Alquran Tentang Jodoh serta Pernikahan

Didalam kehidupan kita sehari-harinya maka kita perlu mengaplikasikan atau mengimplementasikan kumpulan ayat Al-quran tentang cinta sejati hal tersebut bisa kita bangun dengan dasar ketakwaan kepada Allah baik itu dalam keperluan ibadah ataupun hal lainnya. Sebab cinta sejati itu apabila tidak didasari ketaqwaan maka akan menghadirkan penyesalan dan kerapuhan. Sebagai seorang hamba maka kita perlu melihat apa yang kita cintai, untuk menemukan idaman hati maka perlu dibangun dari sendi agama silam serta kita perlu memiliki akhlak yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *