14 Potongan Ayat Al-Quran Tentang Sabar Menghadapi Cobaan, Masalah dan Ujian

Diposting pada

Sabar itu cukup memiliki peranan besar dalam menghadapi juga menjalankan roda kehidupan di dunia ini, cobaan ataupun namanya ujian itu muncul disebabkan ketidakcocokan antara realitas kenyataan dan rencana yang sudah dibuat juga berbeda antara harapan dan kenyataan dari rencana tersebut. Jika sudah mengalami hal ini maka sebagian orang akan merasa marah, emosi dan juga tidak ikhlas menghadapinya, namun kita meskipun menghadapi hal tersebut tidak bisa lupa dengan cinta dan kasih sayang.

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Sabar menghadapi masalah dan ujian

Perlu bagi kita menyadari bahwasanya yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah Ta’ala. Bahkan, daun yang jatuh dari atas pepohonan sekalipun tidak dapat lepas dan luput dari ketentuan yang sudah digariskan oleh-Nya.

Baca juga: 9 Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Cinta Sejati

Potongan ataupun kutipan ayat al-quran mengenai sabar dan ikhlas ini cukup memiliki kedudukan yang istimewa dan tinggi. Saba merupakan kunci bagi sesesorang untuk mendapatkan akhlak mulia, penghilang kesulitan dan kegelapan.

Ketabahan ini adalah cahaya yang dapat menerangi kehidupan dan cobaan kehidupan juga adalah cermin bahwasanya kita adalah orang yang punya kelebihan dari tanggung jawab untuk dapat menghadapi dan menyelesaikannya dibantu oleh kasih sayang dari Tuhan. Selain itu juga perasaangelisah, waswas dapat dengan mudah terganti oleh rasa damai dan pikiran yang baik dan positif.

Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Sabar Menghadapi Masalah dan Ujian

  1. “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Al-Ashr: 2-3)
  2. “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.” (Ali ‘Imran: 200)
  3. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153)
  4. “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (Toha: 132)
  5. “Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian, sehingga Kami mengetahui orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam agama Allah dan orang-orang yang bersabar di antara kalian.” (Muhammad: 31).
  6. “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya.” (Al-Kahfi:28)
  7. “Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu.” (Al-Insaan:24)
  8. “Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Az-Zumar: 10)
  9. “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu).” (Al-A’raf: 126).
  10. “(Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kita semua akan kembali. Mereka itu akan dikaruniakan atas mereka anugerah-anugerah dari Tuhan mereka dan rahmat, dan mereka itulah orang-orang yang akan mendapat petunjuk.” (Al-Baqarah: 156-157).
  11. “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.“ (Al-Anfal: 46)
  12. “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.” (Al-Ahqaf: 35)
  13. “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (Al-Baqarah: 45).
  14. “Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersabar.” (An-Nahl: 96)

Sabar itu bisa bermacam-macam misalnya kita perlu sabar menghadapi penyakit yang sedang dirasakan, dalam masa penyembuhan itu kita perlu senantiasa berdoa kepada Allah agar diberi kesembuhan meskipun terkadang membutuhkan waktu beberapa minggu untuk sembuh secara total.

Baca juga: 7 Bacaan Ayat Alquran Tentang Jodoh serta Pernikahan

Kita juga perlu sabar dalam menghadapi masalah dan juga sabar dalam menghadapi masalah dalam masa itu kita perlu berdoa agar dimudahkan segala urusan sehingga masalah atau ujian itu segera dapat teratasi. Dengan adanya ujian dan masalah itu memang tidak enak tapi bisa jadi setelahnya kita menjadi lebih dewasa dan lebih baik dari sebelumnya.

Potongan ataupun kumpulan ayat Al-Quran tentang sabar bisa kita jadikan sebagai tuntunan bagi manusia untuk menghadapi masalah ataupun ujian kehidupan. Hal yang perlu untuk dilakukan adalah senantiasa melatih diri dan berusaha berikhtiar dengan maksimal, yaitu selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt serta jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang sudah kita terima hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *