7 Bacaan Ayat Alquran Tentang Jodoh serta Pernikahan

Diposting pada

Cinta memiliki semangat dan energi yang cukup besar dan juga menakjubkan. Misalkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya sehingga rela meski berkorban, begitu juga dengan seorang suami yang bekerja dengan tekun dan maksimal agar dapat menafkahi istri dan anak-anaknya, agar dapat menyekolahkan anak-anak di sekolahan yang layak supaya anak dapat berguna bagi agama, orang tua dan masyarakat. Para sahabat yang cinta Rasul rela berkorban demi Allah dan Rasul-Nya, Muhammad SAW. Begitu juga dengan hikmah dari menikah yang dirasa cukup besar manfaatnya bagi kita sebagai muslim dan juga muslimah.

Bacaan Ayat Alquran Tentang Jodoh serta Pernikahan

Ayat Al-Quran mengenai cinta merupakan power yang cukup besar dan juga mempunyai kekuatan untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu istimewa. juga memberi kekuatan besar bagi seseorang umat untuk melakukan sesuatu yang dicintai. Meskipun begitu, ada seringkali kekuatan energi cinta yang begitu besar meredup begitu saja tanpa adanya kekuatan sinergi dengan hal yang dianggap positif. Hal ini banyak terjadi dikalangan para remaja yang tergoda oleh rayuan dari syetan dengan melakukan hal yang tidak lazim dan juga pergaulan bebas yang kebablasan.

Baca juga: Innahu Min Sulaiman

Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan sebuah pernikahan untuk untuk melindungi hamba-Nya dari semacam kemudharatan yang bisa saja menimpa. Dengan adanya akad pernikahan, Islam menghalalkan segala macam bentuk ungkapan ekspresi cinta dari pasangan suami istri yang sudah sah di mata agama. Sementara itu setiap ekspresi dari cinta itu bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Pengorbanan atas nama cinta bukan lagi menjadi sia-sia belaka. Namun bernilai sangat istimewa dan berpahala sehingga bermanfaat bagi kita semua.

7 Ayat Al-Quran Tentang Pernikahan dan Jodoh

Tenaga waktu dan pikiran yang terkuras saat sang kepala keluarga mencari penghasilan dan mencari nafkah menjadi ibadah yag baik. Begitu juga kesabaran seorang istri yang selalu taat pada suami selama itu tidak melanggar agama, kesabaran seorang ibu yang mengasuh juga mendidik anak-anak juga dihitung sebagai ibadah meskipun dari kacamata kita terlihat kecil ataupun besar masih terhitung sebagai ibadah. Suami istri dalam cinta itu saling mengisi kekurang dari masing-masingnya, menciptakan suasan mesra dan bahagia dalam rumah tangganya.

Mengisi keseharian dalam rumah tangga juga membangun cinta itu bisa memperoleh kebaikan dan ketentraman dalam berbagai kehidupan. Pernikahan yang sesuai juga bisa membawa kebahagiaan bukan hanya di dunia namun juga di akhirat. Kita selalu berusaha meraih ridho-Nya juga kita berharap termasuk golongan orang-orang yang mencintai-Nya dan dicintai oleh-Nya. Baik langsung saja kita simak 7 ayat Al-Quran tentang pernikahan dan jodoh yang bisa anda baca dan memaknainya.

  1. “…sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu Perjanjian yang kuat.”(QS. an-Nur: 21).
  2. “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Adz Dzariyaat: 49).
  3. “Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan.”(QS. ar-Ra’du: 38).
  4. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.”(QS. an-Nur: 32).
  5. “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Ar-Ruum: 21)
  6. “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1)
  7. “…maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat…”(QS. an-Nisa: 3).

Baca juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud Lengkap Ada Tulisan Latin Berikut Artinya

Itulah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini yang mengulas tentang 7 Bacaan ayat alquran tentang jodoh serta pernikahan, semoga ada manfaatnya bagi siapapun yang membacanya sehingga bisa diharapkan kita menyadari bahwa segala sesuatu dijadikan berpasang-pasangan hanya untuk mengingat kebesaran Allah SWT. Sekian terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *