5 Ayat Quran yang Menjelaskan Tentang Akhlak Mulia dan Terpuji

Diposting pada

Ayat quran yang menjelaskan tentang akhlak mulia – Akhlak mulia ini merupakan berbagai tingkah laku yang biasanya kita perlu lakukan secara terus menerus dan berulang, jika kita cuma sekali-kali saja bahkan jarang maka hal itu tidak dapat kita sebut dengan akhlak terpuji. Kita sebagai manusia dapat memiliki akhlak baik apabila muncul dengan sendirinya dan tentunya dituntun sesuai dengan ayat-ayat suci Al Quran dan Islam.

ayat tentang akhlak mulia

Akhlak mulia ini adalah tingkah laku orang yang di motivasi dengan keinginan untuk melakukan berbagai perbuatan yang baik. Tegaknya berbagai aktifitas keislaman di kehidupan seseorang itu bisa membuat kita mempunyai kelakuan yang baik dan akhlak terpuji.

Baca juga: 5 Ayat Al-Quran tentang Kejujuran Berikut Artinya

Akhlak yang terpuji ini berdasarkan pada Al Quran dan Hadits, pengertian dari akhlak yaitu sebuah sifat dan juga watak karakter bawaan orang itu sendiri. faktor dari dalam diri sendiri dan lingkungan itu dapat membentuk perangai ke arah baik atau buruk, oleh karena itu kita perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar apakah baik atau tidak karena itu dapat mempengaruhi anda dalam hal memperbaiki akhlak dan perilaku.

Faktor yang mempengaruhi bisa mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga, sahabat, tetangga dan orang lain yang anda kenal baik di rumah atau di kantor. Sejak dari keluarga itulah kepribadian manusia dapat terbentuk. Dengan demikian maka memahami pengertian akhlak mulia adalah hal penting dalam Islam karena dapat mempengaruhi juga dalam sendi-sendi kehidupan. Contoh akhlak terpuji dari orang lain juga dapat mempengaruhi kita ke arah lebih baik.

Ayat Al Quran Tentang Akhlak Mulia

Akhlak yang baik itu dapat membuat kita menjadi bahagia baik di dunia ataupun di akhirat sehingga Allah ridho, menyebabkan kita menjadi pribadi yang mulia dan bermanfaat.

Lihat juga:

Jangan sampai memiliki akhlak yang buruk sebab dapat membuat hidup tidak bahagia serta tidak disukai oleh keluarga dan semua orang karena kelakuannya. Baik langsung saja kita simak ayat quran tentang akhlak mulia dan terpuji. Ayat al-qur’an pendek tentang akhlak.

  1. “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong…”. (Al-Isra: 37)
  2. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka yang mengolok-olok, dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita (yang diolok-olokkan) lebih baik dari wanita (mengolok-olok).” (Al-Hujurat:11)
  3. “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Al Isra: 23)
  4. “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adil lah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Maidah: 8)
  5. “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berakhlak yang agung”. (Al Qalam: 4)

Demikian ayat quran tentang akhlak mulia yang dapat kami sampaikan kepada anda. Orang berilmu tapi akhlaknya buruk itu tidak disukai masyarkat, maka dari itu selain kita memiliki ilmu yang baik juga mempunyai akhlak mulia. Kita perlu ingat bahwa kita perlu utamakan terlebih dahulu akhlak diatas ilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *