5 Bacaan Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist

Diposting pada

Dalam Islam, kita sebagai umat Islam diajarkan untuk saling menyayangi antar sesama umat manusia dimanapun berada. Ikatan persaudaraan yang telah terjalin tersebut harus kita pelihara, sehingga saat ada teman, saudara, atau tetangga yang mengalami semisal sakit, maka kita bisa turut menjenguknya agar orang yang kita kunjungi tersebut lebih semangat dalam melawan penyakitnya itu. Adapun dalam Islam mengajarkan beberapa adab menjenguk orang pada saat itu sedang sakit yang di dalamnya juga terdapat doa untuk orang sakit agar segera diberi nikmat kesembuhan. Berikut pemaparan doa untuk orang sakit tersebut.

Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk Orang Sakit jantung dan panas
Ada sejumlah rangkaian bacaan doa untuk orang sakit yang dapat kita baca sesuai dengan kondisi atau keadaan orang sakit yang kita jenguk itu. Rangkaian doa-doa berikut ini sangat baik dibacakan agar orang sakit tersebut bisa segera sembuh dan memulai harinya dengan normal kembali, bisa aktivitas kembali seperti saat waktu sehat.

Bacaan Doa untuk Orang Sakit versi pertama

Berdasarkan riwayat HR. Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa Aisyah R.A. pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika didatangi oleh seseorang yang mengeluh sakit. Beliau kemudian meletakkan jari telunjuknya ke tanah, kemudian meludahinya sedikit, dan mengusapkan jari telunjuknya itu pada bagian tubuh orang yang sakit tadi sembari melafalkan doa untuk orang sakit berikut ini:

Latinnya : “Bismillahi Turbatu Ardlina Biriqoti Ba'dlina Yusyfa Saqimuna Bi'idzni Robbina”.
Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah”. 

Bacaan Doa untuk Orang Sakit versi ke 2

Dalam riwayat HR. Bukhari dan Muslim lainnya, Aisyah R.A. diketahui juga pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika berziarah pada seorang keluarganya yang tengah sakit keras. Beliau kemudian mengusapkan tangan kanannya pada kepala si sakit Sembari membaca doa untuk orang sakit berikut ini :

Latinnya : “Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba’sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa’a Illa Syifa’uka Syifa’an La Yughadiru Saqoman.”
Artinya : “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi.

Doa untuk Orang Sakit versi ke 3

Dalam HR. Abu Dawud, Attirmidzy, dan Alhakim juga disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A. pernah mendengar Rasulullah bersabda bahwa barang siapa menjenguk orang sakit sebelum tiba ajal baginya, bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali sehingga Alloh menyembuhkan ia dari penyakitnya itu. Doa untuk orang sakit yang dimaksud dalam hadist ini adalah:

Latinnya : “Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka.”
Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”. 

Bacaan Doa untuk Orang Sakit versi ke 4

Disamping dari apa yang tercantum dalam hadist terkait dengan doa bagi seorang yang menjenguk, Rosululloh juga mencontohkan bagaimana seorang yang sakit untuk berdoa demi kesembuhan dirinya sendiri dengan cara meletakan tangan kanannya di bagian tubuh yang sakit sembari berdoa dengan membaca lafal berikut:

Latinnya : “Bismillah A’uudzu Bi ‘Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru”.
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Parah

Apabila anda saat menjenguk orang yang sudah sakit parah, sehingga dokter berpendapat bahwa ia sudah sulit untuk disembuhkan lagi, Anda sebaiknya mendoakan orang sakit itu dengan doa berikut:

Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.”

Demikianlah beberapa bacaan doa untuk orang sakit yang bisa menjadi bekal kita sewaktu ketika akan menjenguk sanak saudara yang tengah kurang sehat atau sakit. Semoga orang yang Anda jenguk bisa lekas dimudahkan kesembuhannya oleh Tuhan, setelah Anda mendoakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *