Bacaan Sujud Syukur & Tata Caranya Arab Latin dan Artinya Ringkas

Diposting pada

Bacaan sujud syukur latin, arab dan artinya secara ringkas – sebagai manusia kita seharusnya untuk selalu bersyukur dan mensyukuri atas berbagai nikmat dan berbagai karunia yang telah Allah Swt limpahkan kepada kita semua, Bersyukur bukan sekedar saat kita memperoleh kebahagiaan atau nikmat saja akan tetapi saat kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan misalnya kita dalam suatu hari berhasil selamat dan terhindar dari hal yang mengganggu, maka kita syukuri hal itu sebab Allah Swt telah memberi keselamatan.

bacaan sujud syukur latin arab dan artinya

Bersyukur adalah salah satu cara kita untuk mengungkapkan atas semua yang kita taerima dari Allah Swt yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara sujud syukur, dimana ibadah tersebut ada tata caranya yang perlu anda ketahui maka dari itu disini kami akan menyampaikan kepada anda bacaan sujud syukur dan artinya sesuai sunnah dengan mengetahui artinya maka anda bisa lebih memaknai tentang doa yang anda baca.

Lihat juga: Potongan Ayat Al-Quran Tentang Sabar Menghadapi Cobaan, Masalah dan Ujian

Bacaan Sujud Syukur Latin, Arab dan Artinya

Sebelumnya kita perlu mengetahui sebelum mempraktekkan bacaan sujud syukur, maka kita perlu memahami bahwa sujud syukur ini adalah sujud yang kita lakukan sebab memperoleh nikmat serta terhindar dari hal yang dapat merugikan kita. Hukum dari melakukan sujud syukur adalah sunnah dimana ini boleh dilakukan sebab mendapat pahala sebagaimana seperti hadits berikut ini.

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَاأَتَاهُ أَمُرٌ يَسُرُّهُ أَوْبُشْرَى جَرَّ سَاجِدَا شُكُرَاللهِ
Artinya: “Dari Abu Bakrah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, apabila datang kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, beliau langsung sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Berdasar dari hadits yang anda baru saja membacanya maka pada saat Rasulullah SAW mendapat kegembiraan maka beliau saat itu juga langsung mengerjakan sujud syukur.

Tata Cara Sujud Syukur dan Bacaannya Secara Umum yang Benar Adalah

Baik langsung saja kita akan praktek tata cara melakukan sujud syukur:

  • Berdiri Menghadap Kiblat
  • Berniat Melakukan Sujud Syukur
  • Kemudian Takbiratul Ihram, dengan Membaca (Allahu Akbar)
  • Lalu sujud satu kali, sambil membaca doa sebagai berikut:

Bacaan Sujud Syukur dan Artinya

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illalloohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Artinya: “Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali  atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung”

  • Duduk Sejenak.
  • Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.
  • اَلسَّلَا مُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ

Baca juga: Doa Sebelum Makan Dan Setelah Makan Lengkap berikut Artinya

Saat kita mengerjakan sujud syukur seperti yang baru saja disampaikan secara ringkas diatas maka sujud ini sebagai rasa terimakasih kepada Allah Swt atas berbagai nikmat, nikmat itu berupa misalnya kita memiliki rumah baru sesuai keinginan, mendapat pekerjaan, berhasil mendapat gajian, membeli kendaran baru dan sebagainya. Dengan sujud syukur ini banyak manfaatnya supaya kita tidak sombong dengan nikmat yang sudah kita terima dari Allah Swt. Terimakasih dan semoga informasi bacaan sujud syukur latin arab dan artinya berikut tata caranya ini bermanfaaat bagi yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *