Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Sprite Mekar Anti Gagal

Diposting pada

Kue ini ada terdapat banyak orang yang menyukaiknya sebab rasanya legit enak serta bentuk dari makanan ini menari sehingga lebih menggugah selera. mengolah kue bolu kukus sprite ini butuh waktu sebentar saja yaitu cuma 10 menit agar bisa membuat mekar serta bahan yang digunakan agak berbeda dengan kue lainnya yaitu ada sedikit tambahan air soda atau yang biasa kita sebut saja sprite saat membuat adonan kue tersebut, sebab adanya sprite atau air soda maka bisa membuat mekar bolu kukus ini dan siapapun yang membuatnya jarang ada yang gagal atau kurang berhasil. Disini saya akan memberi tahu bagaimana resep dan cara membuat bolu kukus sprite anti gagal yang enak dan gurih. Jadi di kesempatan ini kita akan bikin resep bolu kukus mekar dan lembut seperti kapas.

bolu kukus sprite anti gagal

Apabila sudah jadi maka nantinya tekstur dari kue bolu kukus sprite ini terasa lebih lembut serta bentuknya cukup menarik seperti bunda dan sahabat melihat bunga yang sedang mekar di pagi hari. Terlebih lagi jika ditambahkan aneka berbagai warna pelaing atai warna apa saja sehingga lebih menarik dilihat. Bolu kukus ini cukup laris di pasaran sebab tidak sedikit orang yang mencari kue ini untuk sajian pada pagi hari atau cuma sekedar jadi cemilan. Mari kita simak bagaimana cara mengolahnya berdasarkan resep bolu kukus sederhana.

Cara Membuat Bolu Kukus Sprite Anti Gagal

Bahan – bahan:

  • Tepung terigu = 275 gram (pilihlah tepung terigu yang baik dan bagus kualitasnya terjamin)
  • Gula pasir = 200 gram
  • Baking powder = ½ sendok teh
  • Telur ayam = 2 butir
  • Emulsifier = 2 sendok teh (atau anda bisa juga memakai pelembut kue yang lain)
  • Vanili essens = ½ sendok teh
  • Air soda atau sprite = 200 ml
  • Aneka aroma pasta secukupnya
  • Pewarna makanan = sesuai selera (bisa warna-warna pelangi atau warna lainnya bisa warna merah hijau atau biru)

Cara membuat bolu kukus sprite mekar:

  1. Langkah yang pertama yaitu anda siapkanlah wadah atau tempat untuk membuat adonan bisa menggunakan baskom plastik.
  2. Langkah kedua yaitu masukan telur ayam, gula pasir dan emulsifier untuk mengembangkan kue lalu kocok memakai mixer selama kurang lebih selama sekitar 10 menit sampai adonan menjadi terlihat kental.
  3. Ayaklah tepung terigu lalu campurkan dengan baking powder, kemudian masukanlah segera kedalam adonan yang tadi. tambahkan juga vanili essens dan air soda atau sprite lalu kocok kembali memakai mixer sebentar saja sampai semua bahan tercampur secara merata.
  4. Pisahkan adonan untuk 3 macam warna, masing – masing adonan sebanyak enam sendok makan. Sementara itu untuk sisa adonannya biarkan saja berwarna putih.
  5. Siapkan kukusan dengan air dan biarkan airnya hingga mendidih.
  6. Setelah itu tuangkan adonan yang putih kedalam cetakan bolu kukus yang sudah di lapisi cup kertas yang tingginya sama dengan cetakan kue. Lalu tuangkan adonan putih sekitar tiga per empat cetakan, lanjutkan dengan memasukan adonan warna lainnya secara berlapis sampai cetakan terasa penuh. Bisa bunda dan sahabat kreasikan sendiri susunan warna dan motifnya sesuai selera masing-masing.
  7. Langkah terakhir masukanlah cetakannya kedalam kukusan yang sudah panas, jangan lupa segera tutup kukusan menggunakan kain agar uap airnya tidak menetes ke bawah.
  8. Kukus selama sekitar 10 menit saja diatas api besar.

Baca juga: Cara Membuat Crepes Coklat pake Teflon dengan Mudah

bolu kukus sprite mekar
bolu kukus sprite mekar

Akhirnya resep bolu kukus mekar sprite selesai juga dan siap disajikan secara hangat diatas piring saji untuk dinikmati bersama anda dan keluarga di rumah, anak anak suka dengan kue bolu ni. Jadi bahan-bahan yang kami sampaikan diatas bisa untuk 16 kue bolu saja, jadi jika anda ngin lebih banyak lagi maka yang perlu dilakukan hanyalah sekedar menambah takaran bahannya saja misalnya tepung terigu yang awalnya 275 gram bisa anda tambahkan jadi 1 kilogram, gula pasir bisa ditambahkan dan sebagainya. Silakan dicoba dan semoga berhasil bikin kue bolu kukus sprite.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *