Cara Membuat Cincau Hijau Agar Keras Kenyal dan Tidak Bau Daun

Diposting pada

Cuaca saat siang hari biasanya terasa hawanya cukup panas maka dari itu sebagian dari kita mencari dan mengkonsumsi es sebagai salah satu cara untuk melepas dahaga pada siang hari agar terasa lebih segar dan tidak terasa haus lagi untuk beberapa waktu. Di kesempatan ini saya akan membahas mengenai cincau hijau serta bagaimana cara membuat cincau hijau agar keras, enak dan cara membuat cincau hijau agar tidak bau daun.

Salah satu dari sekian pilihan kita untuk menemani pada saat siang hari adalah es cincau ya jadi es cincau ini bisa kita dapatkan di penjual pinggir jalan ada sebagian yang menjual es ini, kita bisa menghampirinya dan memesan 1 atau 2 porsi es cincau.

cara membuat cincau hijau agar keras

Penjual es cincau hijau di jalanan ini ada cukup banyak jadi ini bukan sekedar menjadi pelepas dahaga anda saja tapi juga bisa meningkatkan imunitas serta berkhasiat bagi kesehatan anda semuanya.

Sebagian dari kita ini lebih memilih membuat sendiri es cincau di rumah agar lebih murah dan lebih sehat karena kita mengetahui sendiri bahan-bahan yang akan diolah yang nantinya dikonsumsi bersama anda dan keluarga anda di rumah, anak-anak menyukai es cincau ini. Kita hanya perlu untuk bikin es cincau lalu segera mengolahnya agar menjadi minuman yang menyegarkan badan. Cincau itu sendiri bagi yang belum tahu bentuknya itu layaknya agar-agar dimana itu didapatkan dari proses perendaman daun cincau selama sekian waktu.

Gel tersebut terjadi akibat dari daun tumbuhan itu punya kandungan karbohidrat yang bisa mengitak beberapa molekul air. Oleh karena itu proses pembuatan cincau tersebut menggunakan beberapa bahan yang alami yang mungkin pernah kita temui yaitu tanaman cincau yang bisa juga tumbuh dan berkembang di sekitaran lingkungan rumah, sementara itu khasiat dari cincau tersebut tentu para pembaca sudah mengetahuinya diantaranya adalah manfaatnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah, menyehatkan pencernaan, menangkal radikal bebas dan berbagai manfaat lainnya.

tanaman cincau
Tanaman cincau di sekitaran rumah

Cara Membuat Cincau Hijau Agar Keras dan Tidak Bau Daun

Dari beberapa informasi yang saya dengar itu tips supaya cincau hijau cepat kenyal dan agar terasa keras itu bisa kita tambahkan sedikit perasan jeruk nipis sewaktu proses meremas daun cincau berwarna hijau, langsung letakkan diatas kain warana putih untuk kita saring sari daun supaya hasilnya tidak berbusa dan juga terasa kenyal serta hasil dari proses itu halus lembut dan juga cincau hijau tidak bau daun serta penting juga agar cincau hijau agar keras.

Ada berbagai warna dari cincau yaitu ada yang hijau biasa ada pula hijau pekat sapai ada cincau yang warnanya hitam transparan bahkan tingkat kerasnya pun bisa berbeda beda begitu juga konsistentinya hal itu disebabkan oleh karena bahan dasar daun tumbuhan yang dipilih berbeda-beda tergantung dari orang yang memilihnya.

Beberapa macam jenis tumbuhan yang dapat digunakan dalam pembuatan cincau

  • Cylea Barbata Myers atau yang dikenal sebagai cincau hijau, mampu untuk menghasilkan cincau yang memiliki warna hijau dengan konsistensi yang lebih padat dari lainnya.
  • Melasthoma Polyanthum atau yang bisa kita sebut dan kenal sebagai cincau perdu, digunakan untuk cincau hijau yaitu yang berasal dari daun perdu.
  • Tumbuhan yang berasal dari Genus Mesona, seperti M.Procumbens, M. Chinensis yang banyak kita temukan di bagian selatan Tiongkok dan Indocina
  • M. Palustris yang dikenal sebagai Janggelan dimana ini banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai penghasil cincau hitam

Supaya kita bisa membuat cincau sendiri di rumah tapi mempunyai tekstur yang agak keras maka kita awali dengan merendam daun cincau yang terpilih dengan cara diremas, beberapa dari kita sebelumnya bisa lakukan proses perebusan terlebih dahulu sementara itu sebagian lainnya supaya tahan lama dan awet maka digunakanlah soda kue.

Tahapan Membuat Cincau Hijau yang Kenyal dan Keras

  • Langkah pertama yaitu tentu saja kita pilihlah daun dari tanaman hijau yang cukup tua tapi masih segar setelah itu segeralah untuk dicuci sampai bersih menyeluruh.
  • Langkah kedua yaitu sobek daun menjadi beberapa bagian agar menjadi kecil supaya bisa didapat lendir yang dihasilkan dari daun tersebut bisa lebih banyak lagi.
  • Setelah itu kita bisa menghaluskan daun cincau hijau dengan cara manual atau di blender supaya lebih cepat proses penghalusannya.
  • Tambahkan air hangat ke dalam baskom atau sebuah wadah yang isinya sejumlah daun hijau yang sudah dihaluskan itu.
  • Remaslah lagi daun cincau itu jangan terlalu cepat atau terburu-buru cukup perlahan saja sampai keluar lendir dan warnanya terlihat hijau.
  • supaya buih dihasilkan lebih banyak maka disarankan untuk meremas secara perlahan-lahan saja supaya mulus juga tekstur cincau yang dihasilkannya.
  • Saring hasil remasan apabila kita sudah melihat lendir yang dihasilkan itu sudah banyak dan juga pekat, supaya nantinya akan menghasilkan cairan dari daun hijau tanpa ampas sehingga lebih baik dibanding sewatu ada ampasnya.
  • Biarkanlah selama 2 atau 3 jam, sementara itu jika anda meynimpannya dalam kulkas maka itu bisa lebih baik lagi supaya kesegarannya tetap terjaga, tapi perlu diingat jangan mencoba meletakannya ke dalam freezer jadi cukup di dalam kulkas saja.
  • Kita akan bisa menghasilkan tekstur yang kenyal dan juga pekat apabila semkin lama waktu untuk didiamkan, tapi sesuaikan saja dengan waktu yang kita miliki.
  • Apabila dirasa sudah kenyal maka bisa kita olah agar menjadi minuman yang segar dan menyehatkan.

Sebagai variasi dari minuman ini maka kita bisa mencampurkan cincau dengan gula merah, sirup, selasih atau bisa juga dengan campuran nata de coco supaya lebih menggugah selera lagi jadi sesuaikan saja dengan selera masing-masing. Setelah itu masukanlah ke dalam kulkas agar minuma yang anda buat menjadi dingin dan segar.

cara membuat cincau hijau agar tidak bau daun

Setelah itu anda tidak perlu risau lagi saat akan mencari penjual minuman cincau keliling tapi tidak menemukannya maka kita bisa bikin sendiri di rumah, supaya agak kenyal maka bisa kita tambahkan air jeruk nipis saat proses peremasan daun cicncau, setelah itu saring agar tidak ada busa.

Supaya cincau tidak bau daun maka perlu tekstur yang halus lembut maka dari itu perlu komposisi ang tepat, contohnya adalah jika kita pakai 62 lembar daun cincai maka kita cukup cari 1 biji jeruk nipis kecil agar tekstur lebih kenyal lagi, ini berlaku kelipatannya yaitu jika kita gunakan 124 lembar daun cincau maka kita gunakan 2 biji jeruk nipis dan seterusnya. Tips dari saya janganlah kebanyakan jeruk nipis nanti rasanya masam kalau kebanyakan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa Manfaat Cincau bagi kesehatan?

Jawab:
Jadi cincau mengandung antioksidan, dimana antioksidan ini bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker hati, payudara, paru-paru, sampai leher rahim. Dengan demikian, manfaat cincau kemungkinan besar mampu untuk menurunkan risiko Anda terkena kanker.

Berapa lama daun cincau mengeras?

Jawab:
Diamkan larutan daun cincau perdu sampai mengental
Diamkan saja daun cincau perdu selama tiga sampai lima jam supaya menjadi padat dan kenyal

Bisakah daun cincau diblender?

Jawab:
Agar bisa kita dapatkan bahan yang nantinya berubah menjadi cincau, daun cincau harus kita remas dengan sekuat mungkin sampai membentuk serpihan kecil. Tapi daripada rumit dan barangkali tangan kurang kuat dan tidak higienis, maka kita bisa gunakan blender saja supaya lebih cepat.

Gimana caranya membuat cincau?

Jawab:
Cuci bersih terlebih dahulu daun cincau.
Remas daun cincau sampai terasa halus kemudian tambahkan air secukupnya, remas kembali sampai keluar lendirnya. Saringlah.
Buang busa dibagian atas, endapkan selama semalam. Atau minimal sampai kokoh beberapa jam.
Tiriskan bila sudah. Iris bagian busanya.

Berapa lama cincau akan mengental?
Jawab:
Secara sederhananya dalam proses pembuatan yaitu dengan meremas-remas daun cincau hijau, sambil sedikit demi sedikit diberi air. Setelah itu air hasil remasan ini disaring dan ditampung dalam tempat atau wadah. Ampas dibuang saja dan air remasan daun yang berwarna hijau gelap itu kita diamkan dalam wadah sekitar kurang lebih 1 sampai 2 jam hingga menggumpal membentuk agar-agar.

Apa Manfaat cincau hijau?

  • Mengatasi gangguan pada lambung.
  • Mengatasi sakit tenggorokan.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menyehatkan pencernaan.
  • Menangkal radikal bebas.
  • Menstabilkan kadar gula darah.

Itulah dia beberapa tahapan yang bisa kita gunakan dan beberapa prosesnya supaya dihasilkan cincau yang agar keras dan kenyal juga cara membuat cincau hijau agar tidak bau daun. Membikin cincau sendiri atau bersama saudara anda di rumah itu bisa lebih menyehatkan dan tentu lebih hemat, lebih sehat karena kita menggunakan bahan-bahan yang alami dan kita tahu sendiri bahannya terbuat dari apa bukan dari bahan kimia yang bisa saja mengakibatkan hal yang kurang baik. Sekarang saatnya anda setelah selesai membuat es cincau hijau maka sajikanlah untuk disantap bersama anda dan keluarga anda di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *