Desain Taman Rumah Minimalis Dengan Bentuk Inovatif Modern 2022

Diposting pada

Salah satu dari elemen yang mampu untuk memberikan citra atau kesan pertama pada sebuah rumah yaitu pada bagian taman. Tidak seperti bagian rumah yang lain misalnya saja pagar, garasi atau kamar-kamar yang memiliki kegunaan atau fungsinya masing-masing. maka kehadiran taman pada sebuah rumah lebih banyak dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan estetika sebuah rumah. Kehadiran taman sanggup untuk mempercantik tampilan tempat tinggal Anda, sebagaimana efeknya bisa saja sama dengan desain dari rumah itu sendiri. Semakin unik dan cantik sebuah taman, maka imbasnya adalah akan berdampak positif pada tampilan dari keseluruhan rumah tersebut.

Mengingat manfaat yang bisa diberikan dengan adanya taman di rumah, maka banyak pemilik rumah yang berharap bisa menghadirkan taman di rumah idaman yang mereka miliki. Namun, salah satu kendala yang saat ini kerap dihadapi adalah minimnya lahan yang ada. Seperti yang kita ketahui, semakin tahun lahan di Indonesia semakin mahal, hal ini berdampak pada semakin tingginya harga tanah dan rumah, sehingga banyak keluarga muda yang membutuhkan rumah pada akhirnya membeli rumah dengan type kecil bergaya minimalis.

Untuk mengatasi kendala keterbatasan lahan, maka saat ini banyak dikembangkan desain taman minimalis. Desain taman minimalis hadir sebagai jawaban bagi pemilik rumah yang ingin memiliki taman di rumah, namun dihadapkan dengan sempitnya lahan yang dimiliki. Taman minimalis memiliki bentuk yang simpel namun tidak terkesan sederhana atau kuno.

Taman minimalis sendiri memiliki 2 arti, yang pertama yakni taman yang benar-benar didesain dan dibangun dengan konsep minimalis. Sedangkan arti lainnya adalah taman yang berada di rumah-rumah yang bergaya minimalis atau rumah-rumah mungil yang saat ini banyak kita jumpai di perumahan-perumahan di Indonesia.

Model rumah yang menggunakan taman minimalis di dalamnya memberikan kesan yang lebih modern. Selain itu, pemilik rumah minimalis gemar menggunakan desain taman minimalis karena mudah dalam penataannya serta tidak butuh waktu lama untuk perawatannya.

Dalam pengaplikasiannya, taman minimalis bisa dibangun di bagian depan rumah, di bagian dalam rumah dan di area belakang rumah. Bagi Anda yang terkendala dengan keterbatasan lahan di rumah, maka bisa mencoba mengaplikasikan desain taman minimalis di rumah. Bagi Anda yang memiliki lahan yang lebih luas, maka Anda bisa berkreasi dengan menempatkan taman di depan, dalam rumah atau belakang rumah sesuai dengan estetika yang Anda inginkan.

Desain Taman Minimalis Depan Rumah Cantik
Taman di bagian depan rumah tentunya dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan. Perlu pertimbangan yang matang agar bisa memberikan tampilan yang maksimal pada rumah. Desain pada taman depan rumah menjadi krusial karena akan menjadi citra dari hunian tersebut. Desain taman depan rumah yang baik dengan penataan yang rapi, tentu akan membuat orang berpikir bahwa bagian dalam rumah juga baik dan tertata rapi. Tentu ini menjadi nilai lebih tersendiri bagi Anda yang menyukai pandangan positif dari orang lain.

Harus dipahami bahwa jika desain taman minimalis depan rumah cantik yang dikonsep dengan baik akan memberikan fungsi dan manfaat yang baik pula kepada penghuninya. Salah satu manfaat yang bisa diambil adalah Anda menjadi memiliki ruang outdoor untuk beraktivitas dan memberikan kualitas udara yang lebih baik kepada seisi penghuni rumah.

Desain taman minimalis depan rumah bisa diterapkan pada lahan yang sempit di depan rumah. Tidak perlu cemas dengan sempitnya lahan, rumah Anda bisa tampil lebih indah dan menawan dengan mengolah lahan tersebut sebaik mungkin. Beberapa konsep dapat Anda aplikasikan untuk membuat taman minimalis depan rumah yang terlihat cantik.

Konsep pertama yang bisa Anda terapkan untuk model taman depan rumah adalah ide taman minimalis depan rumah dengan batu. Konsep taman minimalis biasanya lebih banyak menggunakan rumput untuk memberikan nuansa segar dan alami pada sebuah rumah. Namun, hal ini akan berdampak menjadi tidak adanya ruang gerak untuk aktivitas Anda. Langkah yang bisa diambil adalah dengan memadukan batu tapak untuk desain taman rumah Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki ruang gerak untuk beraktivitas, seperti untuk berolahraga ataupun aktivitas lainnya.

Konsep kedua yang bisa digunakan untuk taman depan rumah adalah taman depan rumah minimalis bertingkat. Konsep ini merupakan konsep yang unik dan banyak diaplikasikan pada rumah yang terletak di daerah perbukitan. Meskipun demikian tidak ada salahnya jika Anda membangun taman minimalis depan rumah dengan konsep ini yakni dengan kontur yang membentuk undakan tanah seperti bukit, sehingga terlihat seolah bertingkat. Konsep ini memberikan nuansa yang unik sehingga membuat rumah Anda terlihat beda dari yang lain.

Desain Taman Minimalis Dalam Rumah (Indoor)
Konsep taman minimalis tidak hanya bisa diaplikasikan di bagian depan rumah saja, namun juga untuk bagian dalam rumah (indoor). Taman minimalis dalam rumah bisa memberikan Anda nuansa alami yang menyenangkan, sehingga membuat Anda dan anggota keluarga menjadi betah berada di rumah dan banyak menghabiskan waktu bersama. Desain taman minimalis dalam rumah (indoor) yang dikonsep dengan baik tidak hanya akan membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih indah, tetapi juga membuat bagian dalam rumah terasa lebih sejuk.

Sebelum membangun taman minimalis dalam rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Poin pertama adalah mempertimbangkan bagian mana yang akan dijadikan taman. Hal ini tentu akan sangat bergantung pada luas ruang dan desain rumah minimalis yang Anda miliki. Kemudian perhatikan luas dan bentuk ruang yang akan dijadikan taman, hal ini untuk mempermudah Anda menentukan jenis tanaman yang akan digunakan dan mengatur posisinya.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memilih konsep dan tema yang akan digunakan. Salah satu konsep dan desain taman minimalis dalam rumah (indoor) yang populer dan banyak diterapkan adalah model taman kering. Model taman ini biasanya didominasi oleh bebatuan alami dan beragam tanaman hias yang tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak, seperti misalnya tanaman kaktus, euphorbia dan kamboja.

Konsep lain yang bisa Anda terapkan adalah tema taman minimalis indoor (taman minimalis dalam rumah) dengan memanfaatkan aneka tanaman rendah dan tidak menjalar, seperti misalnya bonsai, anthurium, sansivera, pandan bali dan melati mini. Sebaiknya hindari menanam pohon pada konsep taman minimalis indoor, karena memberikan efek sempit pada ruangan. Jika Anda memiliki lahan sisa yang cukup, Anda bisa menambahkan kolam kecil di bagian tengah ataupun pinggir taman. Kolam mini dengan ikan akan menambah kesan sejuk dan menyenangkan di bagian dalam rumah.

Desain Taman Minimalis Belakang Rumah Modern
Taman minimalis bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan ruangan terbuka di belakang rumah bisa menghadirkan nuansa alami yang menyegarkan. Berbeda dengan konsep untuk taman di bagian dalam rumah, Anda bisa lebih leluasa dalam mengkreasikan model dan tema untuk desain taman minimalis belakang rumah modern sesuai dengan keinginan Anda. Jika untuk taman bagian dalam rumah terbatas pada pemilihan jenis tanaman, maka untuk taman minimalis belakang rumah, ada lebih banyak variasi jenis tanaman ataupun komponen lain yang bisa ditambahkan.

Seperti misalnya, Anda bisa memadukan beberapa jenis pohon seperti pohon palem ekor tupai, pohon ketapang kencana, pohon palem putri, pohon pandan bali, atau pohon flamboyan. Sementara jenis komponen lain yang bisa digunakan juga lebih beragam.

Anda bisa menambahkan kolam hiasan atau kolam ikan dengan air terjun mini dan kursi duduk untuk bersantai di belakang rumah. Agar lebih asri lagi, sebuah gazebo juga bisa ditambahkan agar taman rumah minimalis dengan kolam ikan yang sudah disiapkan sebelumnya dapat memberikan suasana yang sejuk ala pedesaan.

Desain taman minimalis belakang rumah modern banyak yang menggunakan konsep sederhana dengan pemilihan dan pengaturan tanaman yang tertata rapi, sehingga meskipun tidak banyak, tanaman tersebut tetap terlihat indah dan memberikan manfaat bagi penghuni rumah. Konsep minimalis juga bisa diterapkan dengan memadukan beberapa elemen dasar, seperti penggunaan kayu, batu dan tanaman.

Topik artikel ini mengenai: taman belakang rumah tertutup, gazebo taman depan, desain eksterior taman belakang, desain dinding taman, taman belakang rumah type 36, desain rumah modern dgn lahan 150m2 ada taman didepan halaman belakang dan ruang makan, desain taman dengan kolam rumah tanpa pagar, variasi taman depan rumah, taman minimalis depan rumah ukuran kecil, gambar taman rumah nan asri, gambar taman rumah sederhana, foto taman rumah minimalis, kumpulan gambar taman rumah, taman minimalis depan rumah lahan sempit, contoh taman minimalis modern, 62+ desain taman rumah minimalis dengan bentuk inovatif modern.

Untuk kalian yang jenuh dengan tembok belakang rumah yang terkesan kaku, Anda bisa mensiasatinya dengan cara membuat taman berbentuk vertikal. Anda bisa menempatkan pot-pot yang disusun secara vertikal di dinding belakang rumah, atau kalian juga dapat menggunakan jenis tanaman rambat yang bisa memenuhi keseluruhan dinding untuk mempertegas kesan alami dan natural.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *