Pola Makan Diet Vegetarian Yang Benar dan Sehat

Diposting pada

Menjadi seorang pelaku diet vegetarian bisa saja dibilang susah-susah gampang. Sebab harus mengikuti pola makan diet vegetarian yang sangat ketat dan tidak bisa sembarangan memilih atau membeli makanan untuk dikonsumsi. Tidak seperti diet biasa yang dapat mengkonsumsi makanan apa saja dengan mengurangi porsinya saja dari porsi biasa. Pola makan untuk diet vegetarian itu bukan sekedar memotong porsinya saja, akan tetapi jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak bisa asal-asalan sembarangan. Akan tetapi, diet vegetarian terdiri dari beberapa jenis. Ada yang cuma tidak mengkonsumsi susu dan ada juga sebagiannya yang tidak mengkonsumsi daging atau yang dari hewan sama sekali. Termasuk juga mengkonsumsi madu.

Pola Makan Diet Vegetarian
pola makan vegetarian konsumsi sayur dan buah

Bagi pelaku diet vegetarian yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran saja, kebutuhan akan protein, vitamin, dan gizi lainnya tidak akan cukup. Sehingga memiliki resiko yang tinggi kekurangan gizi tinggi yang terdapat di bahan makanan hewani. Seperti misalnya zat besi, protein, folat, zink, dan vitamin B12. Bagi Anda yang tengah ingin menerapkan pola makan diet vegetarian, ada beberapa fakta mengenai pola makan sehat diet vegetarian.

Fakta pertama mengenai pola makan diet vegetarian adalah dapat mengalami kekurangan zat besi. Pencernaan manusia memiliki kemampuan yang rendah untuk menyerap dan mengolah zat besi dari sumber nabati. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi perlu dilakukan dari berbagai macam konsumsi bervariasi. Seperti misalnya minum suplemen vitamin B kompleks, zat besi, serta kalsium magnesium. Diet vegetarian juga dapat membuat kinerja otak menjadi lemah jika dilakukan secara asal-asalan. Sehingga asupan karbohidrat menjadi rendah dan pola makan tidak dijaga dengan benar.

Fakta selanjutnya yaitu pola makan diet vegetarian membuat badan menjadi bersemangat. Tidak selalu energi didapatkan dari hewani saja. Kebanyakan orang beranggapan bahwa vegetarian membuat tubuh menjadi lemas karena asupan energi yang dibutuhkan adalah terdapat dari makanan daging. Padahal kenyataannya karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi terdapat dari nabati yang diproses secara kimia sehingga menjadi energi. Jadi, tambahkan sumber karbohidrat yang cukup di daftar menu diet Anda. Fakta yang terakhir adalah vegetarian membuat kita menjadi lebih tenang alias dapat mengontrol emosi kita. Hormon di dalam tubuh kita tidak tercampur dengan hormon dari hewani yang dikonsumsi sehingga emosi kita menjadi lebih stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *