Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah

Diposting pada

Doa agar tenang dan ikhlas serta diberi kemudahan dalam menghadapi masalah dan tidak cemas tidak gelisah menghadapi hidup ini sesuai sunnah. Di kesempatan ini akan kami bahas bagaimana doanya supaya hati kita menjadi tenang juga doa ketika sedih dan gelisah, diharapkan setelah membaca doa untuk ketenangan hati dan kesabaran maka hati kita jadi bahagia kembali sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

doa agar hati tenang dan diberi kemudahan dalam menghadapi masalah

Kita sebagai manusia ciptaan Allah SWT kita sebagai makhluk ini diberi berbagai kelebihan salah satunya berupa hati, akal dan pikiran. Hati adalah hal yang berkaitan dengan perasaan batin dimana suasana hati dapat berganti-ganti atau berubah sesuai dengan kondisi kehidupannya kadang tenang, senang, gembira dan berbagai perasaan lainnya.

Baca juga: Bacaan Doa Saat Susah atau Sulit Tidur Lengkap Beserta Artinya

Terkadang tidak selamanya yang kita rasakan itu selalu baik dan menyenangkan terkadang adakalanya hati merasa gelisa, sedih dan sebagainya terutama pada saat kondisi tubuh sedang kurang sehat ataupun saat menghadapi masalah maka suasana hati biasanya merasa tidak tenang pada saat kondisi seperti itu.

Satu dari sekian cara yang dapat kita coba saat hati merasa gelisah, resah dan sebgainya adala dengan cara membaca doa memohon kepada Allah Swt supaya diberi ketenangan dan kedamaian dalam hati dan seluruh diri kita agar dihilangkan semua keresahan dan kegelisaahan yang ada pada saat mengalami hal tersebut.

Zikir apa yg dapat menenangkan hati?
Ada 2 amalan wirid dzikir yang bisa kita lakukan agar hati menjadi tenang, pertama yaitu dzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” dan kedua adalah dzikir “la haula wala quwwata illa billah”.

Bacaan Doa Supaya Hati Tenang dan diberi Kemudahan Lengkap dengan Artinya

Dibawah ini adalah bacaan doa agar hati merasa tenang dan ikhlas dalammenghadapi masalah juga agar tidak gelisah dan tidak cemas, lengkap beserta latin dan artinya:

Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah dan Tidak Cemas

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ
Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Bacaan Doa Memohon Agar Hati Tenang Dalam Menghadapi Masalah

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ
Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Baca juga: Potongan Ayat Al-Quran Tentang Sabar Menghadapi Cobaan, Masalah dan Ujian

Demikian bacaan doa supaya hati kita merasa tenang dan diberi kesabaran serta dijauhkan dari perasaan gelisah dan cemas beserta latin, artinya dan terjemahannya supaya kita faham tentang doa yang sedang dibaca. Sesudah anda membaca doa diatas maka disarankan untuk melakukan berbagai amalan lain misalnya membaca ayat suci Al-Qur’an, berdzikir serta mengerjakan sholat sunnah. Semoga doa ketika sedih dan gelisah ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *