Doa al makhturat – Keutamaan dan Fadhilah Membaca doa tersebut

Diposting pada

Doa al makhturat ini meski terdapat perbedaan tulisan ada yang menulis al-mathurat dan ada juga yang menulis al-makhturat ada juga menulis al-matsurat tapi walau beda penulisan tapi yang dimaksud adalah doa yang sama jadi doa al-makhturat ini dianjurkan bagi anda agar dibaca pada sore atau bias juga di pagi hari sebelum aktivitas kerja.

Keutamaan dan Fadhilah Membaca Doa al makhturat

Bagi pembaca yang baru tahu apa fadhilah atau keutamaan membaca doa-doa al-Ma’turat ini? Insya Allah dengan rajin serta istiqomah membacanya pagi dan sore, kita akan memperoleh ketenangan, ke tenteram dan kenyamanan batin dalam hati orang yang membaca doa tersebut. Apapun yang sedang dihadapi pada hari itu tidak akan bisa membuatnya menjadi gelisah dan resah pada diri dan persasaannya.

keutamaan bacaan doa al makhturat

Baiklah berikut ini beberapa fadhilah dan manfaat membaca doa al ma’tsurot yang diambil dari beberapa riwayat:

Diriwayatkan dari Sya’bi dari Ibnu Mas’ud R.A, “ Barang siapa yang membaca 10 ayat dari surat al Baqarah di rumah, setan tidak masuk ke rumah tersebut malam itu hingga pagi hari, empat ayat yang pertama, ayat kursi, dan dua ayat setelahnya, dan penutupnya ( tiga ayat terakhir). (HR.Thabrani )

Dari Abdullah bin Hubaib berkata:  Rasulullah saw bersabda kepadaku, “ Bacalah Qul huwallahu ahad’, dan mu’awwadzataini ( qul a’udzubirabbil falaq..dan qul a’udzubirabbinnas..) ketika pagi dan sore tiga kali, cukup untukmu segala sesuatu.’(HR.abu Dawud dan Turmudzi )

Adalah Nabi saw, jika masuk sore hari membaca : “ Amsaina Wa amsalmulku lillah….dan jika masuk pagi hari beliau membaca: ashbahna wa ashbahal mulku lillah..( HR.Muslim )

Dari Abdurrahman bin Abza dari Nabi saw, bahwa beliau membaca ‘ asbahna ‘ala fitratil islam…( HR.Ibnu Abi Syaibah dan Ahmad)

Keutamaan membaca al ma’tsurot lainnya adalah sebagaimana yang diriwayatkan Dari Ibnu Abbas ra. Berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang mengucapkan ketika pagi hari, ‘ Allahumma inni asbahtu minka fi ni’matin….’ tiga kali ketika pagi hari dan tiga kali ketika sore, Allah menyempurnakan nikmatnya atasnya.” (HR.Ibnu Saunni)

Dari Abdullah bin Ghannam al-Bayadhi, sesungguhnya Rasulullah saw, bersabda,” Barang siapa yang membaca ketika pagi ‘ Allahumma maa ashbaha bii min ni’matin au bi ahadin min khalkika falakal hamdu walakasyukr’ sungguh telah menunaikan syukur hari itu, dan siapa yang membaca pada sore hari, sungguh telah menunaikan syukur malamnya.” ( HR.Abu Dawud)

Dari Tsauban ra. Berkata rasulullah saw bersabda,” Barang siapa yang mengucapkan ketika sore hari ‘ radhitu billahi rabba wabil islami diina wabi muhammadin nabiyya…adalah hak atas Allah untuk menjadikan dia ridha.” ( HR.Turmudzi)

Ibnu Abbas berkata Rasulullah saw. Keluar dari (menemui) Juwairiyyah, dan dia berad di mushalanya, dan beliau kembali sedang juwairiyyah masih di mushallanya. Lantas Rasulullah bersabda,” Engkau tak henti-hentinya di mushollamu ini. “ Dia menjawab, “ya. Beliau bersabda,” Sungguh aku telah mengucapkan empat kalimat tiga kali kalau ditimbang dengan apa yang engkau katakan niscaya lebih berat dari yang engkau ucapkan, “ Subhanallahu wabihamdihi ‘adada kholqihi…”(HR.Muslim).

Dari Utsman bin Affan ra. Berkata, Rasulullah bersabda,”Tidak ada seorang hamba membaca pada pagi hari setiap hari dan pada sore hari setiap malam, “ Bismillaahi lladzi laa yadzurru m’asmihi syai’un……’ tiga kali maka tidak ada satupun yang membahayakannya.”(HR.Abu dawud dan Turmudzi).

Dari Abi Sa’id al-Khudri berkata, beliau bersabda,”Katakanlah jika engkau masuk pagi dan di sore hari “ Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali…..’ Ia berkata,” maka aku lakukan hal itu lantas Allah menghilangkan kesusahanku dan menunaikan utangnya.”(HR.Abu Dawud).

Dari Abdurrohman bin Abi Bakrah dia berkata kepada bapaknya,”Wahai bapakku, sungguh aku mendengar engkau berdoa setiap pagi : ‘ Allahumma ‘aafini fi badani ….’engaku ulang tiga kali setiap pagi dan sore, dan engkau juga mengucapkan ‘ Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri…’ engkau ulang tiga kali tiap pagi dan sore. ‘ dia berkata.” Ya wahai anakku, aku mendengar Nabi saw berdoa dengannya, dan aku ingin mengikuti sunnahnya.”(HR.Abu Dawud, Ahmad, dan Nasai).

Dari Nabi saw, “ Penghulu istighfar adalah Allahumma anta rabbi…’barangsiapa membacanya di siang hari yakin dengannya, kemudian mati hari itu sebelum sore hari maka dia termasuk ahli surga, dan siapa yang membaca pada malam hari yakin dengannya lalu ia mati sebelum pagi hari, maka dia termasuk ahli surga,”(HR.Bukhari)

Dari Abu Ayyasy, sesungguhnya Rasulullah saw, bersabda, ‘Barangsiapa yang mengucapkan ketika pagi hari ‘ laa ilaaha illallah….adalah baginya sebanding memerdekakan budak dari putra Isma’il, ditulis untuknya sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh kesalahan, diangkat sepuluh derajat, dan dia dalam penjagaan dari setan hingga sore, dan jika ia baca ketika masuk sore maka baginya seperti itu pula.’(HR.Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Hibban).

Itulah dia bacaan doa al makhturat yang bisa kami sampaikan kepada anda dan bisa anda baca dan juga amalkan pada waktu pagi dan sore hari agar memperoleh ketengangan. Baiklah semoga apa yang kami tulis ini bisa membawa manfaat bagi anda dan juga kita semua. Apabila ada yang belum jelas bisa anda sampaikan lewat komen. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *