Doa Awal Tahun Baru 1 Muharram 1440 H yang Perlu Kita Baca dan Ucapkan

Diposting pada

Sesaat lagi tahun hijriah 1440 ini akan segera diganti dengan tahun 1441 hijriah dengan ditandai terbenamnya matahari atau datangnya waktu maghrib, maka dari itu kita disarankan untuk membaca doa awal tahun hijriah dengan penuh harapan. Sesaat lagi kita berada pada tanggal 1 muharram 1441 H dimana momen tahun baru hijriah ini penuh dengan kebaikan dan kemuliaan.

Di bulan pembuka yaitu pada bulan muharram maka dapat kita ketahui bahwa bulan ini terdapat banyak keutamaan dan bahkan tidak sedikit dari masyarakan di masa itu memaknai muharram dengan sebutan sebagai bulan suci. Dimana bulan ini tidak ada perang jadi berhenti segala peperangan di waktu itu.

Baca juga:
Doa Akhir dan juga Awal Tahun Baru Hijriah Menyambut 1 Muharam 1441 H

Di masa sekarang ini maka dengan bergantinya tahun maka bisa membawa perubahan serta berbagai harapan baru agar hidup leibh baik dan terlebih lagi bertambanya amal soleh kita sebagai bekal di dunia dan juga terutama di akhira sehingga memiliki iman dan takwa yang semakin mantap dan baik saja.

Doa Awal Tahun Baru Hijriah

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza ‘amun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

” Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa Akhir Tahun

Allahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubatî, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’atî ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fîha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

Artinya,

” Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Pagi Hari Awal 1 Muharram 1440 H

Alhamdulillazi wahaba lana hazal yaum wa aqolana fihi ‘atsarotina.

Artinya,

” Segala puji bagi Allah, yang telah menganugerahi kami hari ini dan mengurangi kesalahan kami di dalamnya.”

Demikianlah Doa Awal Tahun Baru 1 Muharram 1440 H yang Perlu Kita Baca dan Ucapkan agar kita semua menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya misalkan tahun kemarin kita belum umroh maka di tahun berikutnya ini kita bisa melaksanakan ibadah umroh dan ibadah lainnya yang memiliki pahala besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *