Bacaan Doa Supaya Hati Tenang Tidak Gelisah, Sedih dan Cemas

Diposting pada

Bacaan Doa Supaya Hati Tenang – kita sebagai manusia diciptakan dengan kelebihannya dibandingkan dengan makhluk hewan dan tumbuhan. Kita juga dibekali dengan akal pikiran dan juga emosi serta perasaan dimana hal tersebut dapat membuat kita tenang ataupun bisa membuat sedih tergantung dari pikiran masing-masing orang. Apabila kita mengalami perasaan cemas, gelisah atau sedang sedih maka kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar diberi ketenangan hati.

Sebagaimana diketahui bahwasanya hati adalah sesuatu yang berkaitan dengan perasaan batin dan tidak bisa dilihat oleh siapapun tapi orang lain dapat mengetahui dari ekspresi dari diri kita entah itu perasaan sedih atau cemas bisa dapat dengan mudah diketahui orang lain kecuali dapat menyembunyikan perasaan itu. Terkadang suasana dari hati manusia ini bisa dengan mudahnya berganti misalnya kadang kita merasa senang bahagia, gembira disebabkan memperoleh hal yangbaik ataupun memang meski tanpa ada apa-apa pun kita seharusnya merasa bahagia perasannya agar memberi engergi positif bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain disekitar.

Bacaan Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah, Sedih dan Cemas

Sebaliknya tidak selalu kita merasa gembira sebab adakalanya hati merasa tidak gembira tidak senang, merasa gelisah dan resah disebabkan dimarahi ditegur oleh guru ataupun oleh atasan ataupun pimpinan. Terlebih lagi apabila masalah tersebut dirasakan selama berhari-hari tentu hal ini membuat perasaan seseorang menjadi tidak tenang contohnya ketika anda sedang tidak akur dengan saudara atau teman maka hal itu bisa membuat pikiran kurang dalam keadaan baik. Oleh karena itulah kita semua perlu berdoa agar hati merasa tenang tidak gelisah sedih ataupun merasa cemas.

Satu dari sekian cara yang mudah dan bisa langsung dilakukan saat ini juga adalah dengan berdoa meminta kepada Allah Swt supaya diberi kedamaian dalam diri ketenangan hati serta dihilangkan dari hati dan pikiran kita dari semua yang negatif dari semua keresahan dan kegelisahan yang dialami pada saat itu. Baca juga Arti Bacaan Bismillahi Majreha Wa Mursaha.

Bacaan Doa Supaya Hati Tenang Lengkap berikut Artinya

Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Bacaan Doa Memohon Agar Hati Tenang

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Baca juga: Arti Bacaan Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Demikianlah yang bisa kami ulas tentang bacaan doa agar hati merasa tenang serta terhindar dari perasaan gelisah, cemas dan berbagai perasaan lain yang mengganggu. Disamping membaca doa diatas maka alangkah lebih baik jika diimbangi juga dengan mengerjakan amalan-amalan sunah, mengaji membaca ayat suci Al-Quran agar hati kita semakin diberi ketengangan. Selanjutnya anda bisa baca Doa al makhturat – Keutamaan dan Fadhilah Membaca doa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *