Doa Ketika Mau Bepergian Baik Melakukan Perjalanan Jauh ataupun Dekat

Diposting pada

Doa Saat Perjalanan Jauh – Adakalanya kita ada kebutuhan dan keperluan dimana mengharuskan kita untuk segera lakukan perjalanan baik dekat ataupun perjalanan jauh ke luar kota atau bahkan sampai ke luar negeri baik dengan transportasi darat, laut ataupun transportasi udara lewat pesawat terbang nah maka dari itu kita dianjurkan membaca doa perjalanan jauh agar terlindungi dari berbagai kendaraan yang lalu lalang serta dari hal yang tidak diinginkan di jalan.

doa perjalanan jauh doa akan bepergian

Memang baik perjalanan dekat ataupun jauh kita tetap dianjurkan untuk selalu berhati-hati terutama bagi yang membawa kendaraan sendiri, penting untuk anda dan kita semua agar sellau berlindung dan berserah diri kepada Tuhan saat kita henda lakukan perjalanan jauh jadi ada sejumlah dia yang bisa anda baca dan tentu ikhtiar anda sebelum mulai berangkat yaitu perlengkapan yang diperlukan termasuk bekal makanan dan minuman selama dalam perjalanan jangan lupa dibawa dan jangan sampai ketinggalan maka dari itu siapkanlah segala sesuatunya dengan cermat dan matang sebab kita tidak tahu ada apa di jalan nanti.

Sebelum berangkat maka kita dianjurkan membaca doa berikut ini:

Berikut ini adalah doa keselamatan saat menempuh perjalanan jauh :
بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

Setelah mengucapkan doa keluar rumah juga disunnahkan untuk mengucapkan doa bepergian jauh yang berbunyi.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”

Baca juga: Rabbi Habli Minash Sholihin

Adapun doa agar membuat pikiran kita menjadi tenang dan tidak panik.
سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هذَاوَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

“Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa,

wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun”

Yang artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

(QS Az-Zukhruf 13-14)

Setelah selesai membaca doa diberi keselamatan dalam perjalanan tersebut, perlahan-lahan pikiran anda mulai segera tenang, dalam dzikir.

Demikianlah doa ketika bepergian atau doa perjalanan jauh yang bisa kita baca dan amalkan sebelum memulai suatu perjalanan baik perjalanan dekat ataupun perjalanan jauh agar dilindungi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *