Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap berikut Arti & Terjemahnya

Diposting pada

Kita sebagai muslim maka perlu untuk berdoa saat akan hendak melakukan apapun misalnya mau makan beroda mau tidur berdoa termasuk pada waktu kita masuk ke dalam masjid dan juga pada saat keluar masjid. Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam ada beerbagai kegiatan agama di dalam masjid termasuk untuk menunaikan ibadah sholat. Masjid adalah rumah Allah SWT jadi kita perlu untuk membaca doa saat masuk masjid.

Saat hendak akan masuk ke dalam masjid kita dianjurkan untuk berdoa, berdoa seperti itu tidak hanya akan masuk masjid saja tapi juga bisa saat akan masuk ke dalam mushola, surau ataupun masuk langgar karena semua itu tempat ibadah sholat berjamaah juga meski tidak bisa digunakan untuk menunaikan sholat jumat karena sholat jumat hanya bisa di masjid.

Baca juga: Doa Sesudah Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin berikut Artinya

Bacaan Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid Lengkap dengan Artinya

Doa Masuk Dan Keluar Masjid Lengkap ada Arti dan Terjemahnya

Baik langsung saja berikut ini adalah lafadz atau bacaan doa pada saat kita akan masuk masjid dan juga saat keluar masjid lengkap beserta latin dan terjemahannya yang bisa kita hafalkan dan praktekkan.

Bacaan Doa Saat Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ Allohummaf tahlii abwaaba rohmatik
Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Bacaan doa yang baru saja anda simak itu adalah doa pada saat akan masuk ke dalam masjid, jangan lupa saat masuk pintu masjid itu kita dahulukan melangkah dengan kaki kanan, sementara itu saat keluar masjid melangkah dengan kaki kiri terlebih dahulu. Baik berikut ini adalah doa untuk akan keluar dari masjid setelah selesai melaksanakan sholat berjamaah.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap Berikut Latin ada Terjemahannya

Bacaan Doa Akan Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ Allohumma innii asaluka min fadlik
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Ya sebaiknya saat keluar masjid melangkah dengan dahulukan kaki kri. Untuk penjelasan dari hadist mengenai anjuran untuk kita baca doa saat akan masuk masjid dan juga doa saat keluar dari masjid kita bisa baca dari hadits Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu sebagai berikut ini:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)”  (HR. Muslim 713)

Baca juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Lengkap Ada Tulisan Latin Berikut Artinya

Demikian bacaan doa saat masuk masjid dan juga kita perlu juga membaca doa saat keluar masjid sesudah menunaikan ibadah atau kegiatan agama. Disarankan bagi kita untuk menghafalnya sehingga menjadi terbiasa dan semakin hafal juga bisa mengajarkan juga kepada orang lain juga kita bisa mengajarkan kepada anak-anak doa masuk masjid tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *