Doa Supaya Mendapatkan Keturunan Anak Shaleh dan Sholehah

Diposting pada

Doa Mendapatkan Keturunan – mempunyai anak laki-laki yang sholeh ataupun memilikin anak perempuan yang sholehah merupakan keinginan setiap orang tua sebab amalan anak sholeh ini yang akan hadir juga kepada orang tuanya meskipun sudah tidak ada di dunia ini. Doa dari anak sholeh dan anak sholehah ini dapat meringankan berbagai beban orang tua yang sudah berada di alam kubur serta mampu meningkatkan tambahan timbangan pahala kebaikan suatu saat nanti.

Oleh sebab itulah maka dari itu anak sholeh yang senantiasa berdoa untuk orang tua adalah aset yang begitu berharga dan bernilai yang senantiasa diinginkan oleh kedua orang tua dimanapun mereka berada, pada dasarnya tak ada satupun orang tua yang menginginkan anaknya menjadi berandalan ataupun melakukan kenakalan di masa remajanya. Setiap orang tua menginginkan kebaikan bagi anak-anaknya agar bermanfaat bagi keluarganya dan orang banyak. Kita sebagai orang tua dianjurkan selalu berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberi keturunan yang sholeh dan juga sholehah, apabila sudah memiliki anak maka berdia juga agar anaknya dijadikan anak yang sholeh berbakti kepada orang tua serta bermanfaat bagi masyarakat.

doa minta keturunan anak sholeh

Diantara doa yang mustajab adalah doa dari Ayah dan Ibu kepada semua anak-anaknya, oleh sebab itu kita sebagai orang tua isarankan agar sering membaca doa minta anak sholeh sebab anak tersebut akan membawa kebaikan di dunia dan terutama di akhirat Sabda Rasulullah SAW: “Tiga jenis doa mustajab yang tidak diragukan keajaibannya adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang dizalimi,” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim).

Hadis Riwayat Imam Muslim, dari pada Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam,

“Apabila mati anak Adam, maka terputuslah segala amalannya melainkan tiga perkara :
1. Sedekah jariah,
2. Ilmu yang bermanfaat dan
3. Anak sholeh yang mendo’akan untuknya”

Berikut ini adalah do’a untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan keturunan anak menjadi sholeh dan sholehah

Do’a Pertama

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.”

(Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي

“ROBBI AWZI’NI AN ASYKURO NI’MATAKALLATI AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOLIHAN TARDHOH, WA ASHLIH LII FI DZURRIYATIY”

(Wahai Robbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku) (QS. Al Ahqof:15)

Do’a Ketiga

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

(Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibah, innaka samii’ud du’aa’)

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.(QS. Ali Imran : 38)

Do’a Keempat

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

(Rabbi habli minash sholihin)

Artinya:
Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh (QS. Ash Shafat : 100)

Do’a Kelima

Nabi Muhammad SAW pernah mendo’akan anak Ummu Sulaim, yaitu Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuma dengan bacaan do’a seperti dibawah ini:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Allohumma ak-tsir maalahuu wa waladahuu wabaarik lahuu fiimaa a’thoitahuu”

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480). Dari sini seseorang bisa berdo’a untuk meminta banyak keturunan yang sholeh pada Allah,

Do’a Keenam

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii“ (Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri).”

Baca juga: Doa Saat Perjalanan Jauh

Demikianlah ulasan tentang Doa Supaya Mendapatkan Keturunan Anak Shaleh dan Sholehah, kami berharap anda sebagai orang tua bisa dan hafal doa tersebut serta mengamalkannya agar anak anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah sebab hal tersebut akan membawa kebaikan bagi anda, keluarga, anak itu sendiri serta masyarakat di sekitarnya. Apabila anda tidak dapat mendidik anak anda maka dikhawatirkan anak anda bisa membawa hal yang kurang baik bagi sekelilingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *