Bacaan Doa Saat Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin berikut Artinya

Diposting pada

Pada kesempatan baik pada hari ini saya akan membagikan kepada para pembaca bagaimana bacaan doa saat musim hujan datang sebagaimana kita tahu bahwa Allah SWT menurunkan hujan dengan begitu banyak manfaat bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya di bumi ini, dengan turunnya hujan maka tanah bisa menjadi subur, binatang banyak yang minum dari air hujan tersebut serta banyak manfaat bagi manusia terutama di daerah yang membutuhkan air.

Doa ketika Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin dan Artinya

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan bijibiji tanaman yang diketam.” (QS Qaaf : 9).

Baca juga:
Niat Shalat Istisqa Untuk Memohon Turunnya Hujan Serta Tata Cara Melaksanakannya

Akan tetapi disamping membawa berbagai kebaikan bagi kehidupan alam pada musim hujan ini ada beberapa hal yang mungkin sedikit dari beberapa orang yang kurang menyukai misalnya saat biasa ada pasar malam tapi saat hujan kegiatan pasar tersebut ditunda minggu depat, atau hal yang besar misalnya saat orang tidak memiliki kepedulian yang bagus pada alam maka bisa jadi datang banjir oleh sebab itu sebenarnya hujan selalu membawa berkah baik yang kita tahu maupun yang tidak diketahui.

Bacaan Doa Ketika Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin serta Artinya

Berikut adalah beberapa doa saat musim hujan yang patut kita panjatkan kehadirat Allah SWT.

Ketika turun hujan, Nabi SAW memberikan tuntunan doa, yang artinya “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat” (HR Bukhari).
Adapun usai turun hujan Nabi SAW bersabda, “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.” (HR Bukhari dan Muslm).

Doa Ketika Ada Petir
Nabi SAW pernah ditanya tentang petir, Nabi menjawab, “Petir adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah.”
Doa ketika mendengar petir, “Mahasuci Allah yang petir bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya.” (Shahih Mauquf al- Muwatha).

Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat
“Allahumma hawaalaina walaa ‘alaina, Allahumma ‘alal aakami, wadzadziraabi, wa buthuni audiyati, wa manaabitisy syajari” (Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di dataran tinggi, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan).” (HR Bukhari dan Muslim).

Hujan yang pada awalnya menjadi sumber air dan pembawa rahmat (QS al-An’am : 99) bisa berubah menjadi banjir bandang (QS al-Baqarah: 59). Angin yang pada awalnya berperan dalam proses penyerbukan tumbuhan (QS al-Kahfi : 45) dan mendistribusikan awan (QS al-Baqarah : 164) tiba-tiba berubah menjadi puting beliung yang meluluhlantakkan (QS Fushshilat : 16), dan laut yang pada awalnya jinak (QS al-Hajj : 65) tiba-tiba berubah menjadi tsunami yang meng gulung apa saja yang dilaluinya (QS at-Takwir : 6).

Demikian diantaranya beberapa Bacaan Doa Saat Musim Hujan Datang Lengkap Arab, Latin berikut Artinya, kita sebagai manusia sepatutnya merasa bahagia ketika hujan turun karena sudah pasti membawa berkah, selain itu kita juga sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dengan tidak membuang sampah disungai, kita jaga kebersihan baik di dalam rumah ataupun di sekitar rumah. Sekian dan semoga doa saat turun hujan ini bisa membawa berkah bagi kita semua dan jangan lupa berdoa saat hujan turun karena salah satu saat doa mustajab adalah ketika turun hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *