Doa Supaya Diberikan Pemimpin yang Baik

Diposting pada

Doa Supaya Diberikan Pemimpin yang Baik – Sebagai muslim sudah tentu kriteria seorang pemimpin cukup jelas, berusaha dan berdoa agar kita diberikan pemimpin yang jujur dan tegas. Pemimpin itu ada berbagai macam jenis ada pemimpin sebuah negara, pemimpin di perusahaan, pemimpin di suatu daerah bahkan pemimpin di lingkungan rumah tangganya sendiri misalnya ketua RT ataupun ketua RW kita tentu ingin pemimpin yang baik maka dari itu bisa berdoa agar terwujud.

Sering kita dengan bahwa doa adlaah senjata bagi orang yang beriman, dimulai dari awal usaha merupakan niat baik sementara akhir dari usaha yag kita lakukan adalah tawakkal, jadi diantara keduanya itu sebaiknya disisipkan doa untuk kebaikan bersama.

Doa Agar Diberikan Pemimpin yang Baik

Bagaimanakah isi doa supaya diberi pemimpin yang baik. Hadits Nabi banyak disebut tentang hal tersebut doa agar diberi pimpinan yang baik bisa kita ucapkan dengan kalimat dan bahasa yang lebih kita mengerti. Akan tetapi lebih baiknya apabila doa yang diucapkan sesuai tuntunan yang benar baik cara ataupu isi dari bacaan doa tesebut.

Doa Supaya Diberikan Pemimpin yang Baik

Doa Pertama,

اللَّهُمَّ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Ya Allah, jangan engkau serahkan kepemimpinan kami kepada orang yang tidak mengasihi kami. (HR. Turmudzi 3841).

Doa kedua,

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”(Shahih adabul mufrad (47/66)

Doa ketiga :

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

“Ya Allah dikarenakan dosa-dosa kami janganlah Engkau kuasakan kepada kami orang-orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Doa keempat :

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, perbaikilah pemimpin pemimpin kami, Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Itulah diantaranya beberapa bacaan doa agar diberikan pemimpin yang pemimpin yang takut kepada Allah swt , baik dan jujur, tegas, memikirkan kebaikan bagi rakyatnya atau yang dipimpinnya supaya sama sama senang dan berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *