Doa Sebelum Makan Dan Setelah Makan Lengkap berikut Artinya

Diposting pada

Seringkali para orang tua mengajarkan ke anak-anaknya untuk membaca doa sebelum mulai makan dan juga sesudah selesai makan, tapi kebanyakan saya perhatikan diajarkannya itu sebelum makan saja, sedangkan sesudah makan jarang diajarkan.

Bacaan doa sebelum dan sesudah makan ini biasanya diajarkan ke anak kecil pada usia masih dini, kita juga waktu kecil umumnya itu pernah diajarkan membaca doa dulu sebelum makan. Sebagai orang tua kita perlu untuk mengajarkan anak-anak untuk membaca doa termasuk doa sebelum dan sesudah makan pagi siang atau sore.

Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Lengkap dengan ada Artinya

Kita perhatikan bisanya anak usia dini itu sudah pada bisa menghafal doa sebelum makan jadi tidak heran karena seringkali orang tua mengajarkan berbagai macam doa termasuk doa sebelum tidur juga diajarkan. Meski anak-anak belum lancar membaca doanya maka kita perlu bersabar karena suatu saat akan semakin lancar dan terbiasa berdoa dalam hal apapun. Kita sebagai orang tua maka kita juga perlu membaca doa sebelum sesudah makan ya setidaknya membaca bismillah saja sudah cukup, setelah selesai makan baca alhamdulillah.

Membaca doa sebelum dan sesudah makan atau minum adalah doa sehari hari yang perlu segera kita ajarkan kepada anak dari usia dini seperti misalnya doa sebelum tidur, beserta berbagai doa-doa lainnya yang perlu dan penting untuk diajarkan pada anak-anak.

Bacaan Doa Sebelum Makan dan Setelah Makan

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

Membaca doa sebelum makan itu tanda kita bersyukur kepada Allah SWT yang dengan berlimpahnya memberi rezeki sampai hari ini dan seterusnya sehingga kita pada saat ini masih bisa makan, dan dengan membaca doa diharapkan tidak ada syaitan yang mengganggu saat akan mulai makan. Setelah selesai makan kita juga perlu untuk membaca doa meskipun membaca Alhamdulillah saja sudah cukup. baik langsung saja berikut ini merupakan bacaan doa sesudah makan berikut arti dan terjemahannya.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, Serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim”

Doa yang baru kita baca itu saat kita selesai makan sebagai tanda kita bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita yaitu salah satunya berupa makan dan minum sehingga kita termasuk muslim yang bersyukur atas nikmat.

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Doa yang baru kami sampaikan adalah doa ketika sesudah minum, tanda kita bersyukur kepada Allah SWT yang elah memberi nikmat berupa minuman segar yang menghlangkan dahaga dan juga haus. Meskipun terlihat sepele sebenarnya nikmat makan dan minum ini adalah nikmat yang besar jadi kita jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan.

Doa Saat Makan Tapi Lupa Membaca Doa

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihiArtinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Bacaan doa sewaktu kita lupa membaca doa hendak makan ini menurut sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi sebagai berikut:
Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan “Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Demikianlah bacaan doa sebelum makan dan juga sesudah selesai makan dan juga minum. Dengan membaca doa tersebut kita lama-lama akan terbiasa untuk selalu berdoa untuk kebaikan kita semuanya. Sekian dan semoga berguna.

One thought on “Doa Sebelum Makan Dan Setelah Makan Lengkap berikut Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *