Harga Batu Bata Merah dan Batako Juni-Juli 2022

Diposting pada

Batu bata merah & batako terbaru tahun 2022 sebenarnya harganya itu tidaklah jauh berbeda dengan harga di tahun sebelumnya. Tidak aneh apabila keduanya tetap menjadi idola bagi warga masyarakat yang pada saat ini sedang membangun sebuah rumah impian. Sebab disamping harganya yang masih stabil, walaupun untuk setiap daerah sudah barang tentu mempunyai standar harga sendiri, terdapat cukup banyak keunggulan yang dimiliki oleh bata merah dan batako. Berikut ini kami sajikan keppada anda tentang beberapa keunggulan dan kelemahan menggunakan bata merah maupun batako, silakan disimak ya.

Batu Bata Merah dan Batako

Masyarakat ada banyak menggunakan bata merah untuk membuat dinding. Material bata merah ini cukuplah mudah diperoleh dan didapatkan sebab bahannya juga tidak sulit untuk didapat. Tanah agak liat yang banyak terdapat di berbagai wilayah Indonesia, membuat siapa saja dari warga masyarakat mampu membuat bata merah dengan cara sederhana. Berikut ini kami ungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan bata merah yang akan kami kupas secara tuntas. Akan tetapi sebelumnya anda simak dahulu perkembangan harga bata merah dan juga harga batako di tahun 2022 ini.

Perkiraan Harga Bata Merah dan Batako :

Jenis Satuan Harga
Batako buah 3.650
Batu Bata Merah (biasa) buah 650
Batu Bata Merah (oven) buah 900
Batu Kali Belah m3 185.550
Split pick up 272.300
Split truk 1.280.400
Batu Knecker m3 213.500
Batu Candi (30 x 30) m2 124.600
Batu Andesit (30 x 30) m2 163.100
Batu Bali 10 kg 72.100

Apabila bata merah terbuat dari tanah agak liat, maka batako tersebut dibuat dari campuran berbagai material seperti semen, pasir, dan juga air. Untuk ukurannya itu bisa sangat beragam tergantung dari selera produsen di tempat tersebut. Selain dengan menggunakan tenaga manusia, maka batako juga bisa dibuat dengan cara dipress atau menggunakan alat mesin pencetak. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan batako yang bisa anda simak:

Kelebihan Menggunakan Bata Merah :

  1. Banyak dijual di tengah masyarakat.
  2. Mudah dibentuk untuk membuat dinding variasi karena ukurannya kecil.
  3. Mudah dalam pemasangannya, karena tidak membutuhkan bahan khusus.
  4. Harganya relatif murah.
  5. Meskipun mudah, namun waktu pemasangan lebih lama karena mempunyai ukuran kecil.
  6. Semen atau material perekatnya lebih banyak jika dibandingkan batako.
  7. Bata merah mempunyai beban yang berat.

Kelebihan Menggunakan Batako :

  1. Waktu pemasangannya lebih cepat dibanding bata merah karena mempunyai ukuran besar.
  2. Pembuatan batako juga membutuhkan waktu cepat karena dibantu dengan mesin.
  3. Waktu pemasangan yang cepat sudah pasti berimbas pada penghematan biaya tukang.
  4. Karena terbuat dari campuran material yang tidak begitu rapat seperti tanah liat, maka batako ini lebih mudah retak daripada bata merah.
  5. Kekuatan batako juga rendah sehingga mudah rapuh.

Berdasarkan uraian yang kami sampaikan di atas, kini kalian tentu sudah dapat menentukan bahan material apa yang ingin digunakan untuk bangunan rumah anda. Kelebihan dan kekurangan di atas juga bisa anda jadikan pegangan dan pertimbangan selain informasi mengenai harga batu bata merah & batako terbaru ditahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *