Kedahsyatan dan Keajaiban Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Diposting pada

Hasbunallah wanikmal wakil adalah dzikir pendek namun memiliki makna dan arti yang luar biasa dahsyat. Di dunia ini kita sebagai manusia acapkali merasa suka dan sebaliknya yang selalu berganti. Walaupun sudah diterangkan di dalam Al-Quran bahwasanya manusia umumnya itu diuji dengan berbagai perasaan termasuk gelisah. Apabila kita sebagai orang beriman maka selalu percaya bahwasanya Allah Swt selalu bersama kita sehingga perasaan galau ataupun gelisah dapat dengan mudah diatasi.

Baca juga: Rabbi Habli Minash Sholihin

gambar Kedahsyatan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil
Kedahsyatan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Kepasrahan sebagai orang beriman dalam hal menerima takdir yang ditentukan Allah Swt itu dapat membuat jiwa kita lebih tentram dan sabar dalam menjalani kehidupan ini.

Bacaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil merupakan dzikir pilihan bagi kita sebagai umat Islam, hati yang dekat dengan Tuhan serta kita mempunyai perasaan yang peka dalam memahami keadaan lingkungan sekitar kita, membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan kita, perasaan peka juga dapat menghindarkan kita dari semacam gangguan yang bisa saja dilakukan oleh orang lain terhadapnya.

Baca juga: Arti Bacaan Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Allah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan juga sahabatnya dalam sebuah firman-Nya,

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab“. (Ali Imron: 173)

Sahabat Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakiil” adalah perkataan Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau ingin dilempar di api. Sedangkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kalimat tersebut dalam ayat, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari no. 4563)

Kedahsyatan Kejaiban Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Berdasarkan dari sejarah yang kita baca maka hasbunallah wanikmal wakil merupakan satu dari sekian bacaan yang dilafadzkan oleh para Nabi dan juga orang-orang yang sholeh. Saat mereka sedang menghadapi cobaan atau fitnah yang cukup berat maka dengan membaca hasbunallah wanikmal wakil ini kekuatannya melebihi kekuatan yang kita pernah lihat.

Dzikir ini juga menegaskan bahwa semangat tauhid dari orang yang mengucapkannya itu cukup bagus yakni hanya kepada Allah saja tempat bagi kita untuk berserah diri serta semua makhluk ciptan Tuhan itu tidak abadi tidak bisa diminta pertolongan kecuali kepada Allah Swt. Baik langsung saja kita simak Kedahsyatan dan Keajaiban dari Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil.

  • Membaca dzikir hasbunallah wanikmal wakil merupakan satu dari sekian bentuk ketaqwaan kita kepada Allah. Bentuk dan juga rasa tawakal kita kepada Allah dengan sepenuhnya kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Dengan kalimat ini, kita menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada Allah, menyerahkan semua dan segala urusan, beban, dan masalah kita kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Tawakal serta ikhlas menyerahkan sepenuhnya segenap urusan kehidupan kepada Allah Swt.
  • Sewaktu kita dihimpit berbagai problematika kehidupan dunia yang begitu menyesakkan ataupun dirundung duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk sejumlah kesulitan hidup, maka kita dianjurkan untuk mengucapkan ayat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir. Sebagai wujud ketergantungan (dependen) manusia kepada Allah Swt, manifestasi permohonan permintaan tolong kepada Allah, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan semua urusan kepada-Nya.
  • Sementara itu makna hasbunallah wanikmal wakil secara implisit (tersirat) menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut bagi kita untuk dapat menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, dan juga untuk memohon perlindungan. Kita tidak boleh untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya dzat yang patut disembah dan dimintai pertolongan.

Simak juga: Astaghfirullah wa atubu ilaih

Kedahsyatan dan juga keajaiban dzikir hasbunallah wanikmal wakil yang mempunyai arti dan makna cukup mendalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah sebagai Tuhan Sang Pencipta langit bumi beserta isinya yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *