Bacaan Doa & Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha

Diposting pada

Tidak terasa dalam waktu dekat ini umat Islam di berbagai wilayah dan berbagai dunia akan segera merayakan hari ray aIdul Adha Tahun 1442 Hijriah yaitu yang pada kalender nasional jatuh pada tanggal 20 Juli Tahun 2021, sebagaimana kita sudah terbiasa bahwa hari raya idul adha ini identik dengan pemotongan atau penyembelihan hewan kurban baik itu hewan kurban berupa kambing atau bisa juga sapi. Di kesempatan ini saya akan mencoba membahas bacaan doa serta tata cara penyembelihan hewan qurban menurut ajaran islam.

Bacaan doa potong hewan kurban

tata cara penyembelihan hewan qurban menurut ajaran islam

Jika kita lihat pada surah Al-Kautsar ayat 2 maka kita bisa baca bahwa ibadah kurban itu memiliki makna penyempurnaan ibadah, Allah berfirman

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. [الكوثر 

Artinya: “Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini bisa dilakukan pada tiga hari tasyrik yakni pada tanggal 11 sampai 13 zulhijah, maka dari itu ada doa dan juga kita perlu mengethaui tata cara mengenai penyembelihan hewan kurban dimana hal tersebut perlu sesuai dengan syariat Islam supaya diperoleh pahala yang berkah.

Inilah doa sewaktu akan menyembelih hewan qurban berikut tata cara penyembelihan dengan benar:

Doa saat hendak menyembelih hewan kurban

Sebelum kita memulai lakukan penyembelihan hewan kurban maka kita perlu membaca doa, jadi ada doa yang disarankan untuk dibaca dulu sebelum dimulai dimana doa ini sebagai harapan supaya ibadah kurban yang kita jalankan diterim Allah.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya:  “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku.” 

tata cara menyembelih hewan qurban menurut syariat islam

Tata cara penyembelihan hewan kurban

Ada sejumlah langkah dan tahapan saat akan memulai acara penyembelihan hewan kurban langkah pertama adalah seseorang yang mau menyembelih hewan kurban membaca basmallah lalu langkah kedua dilanjutkan dengan bacaan sholawat untuk Nabi Muhammad Sallahu alaihi wassalam.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad.

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya.”

Selanjutnya pada langkah ketiga adalah hewan yang akan disembelih diarahkan supaya menghadap ke arah kiblat dan jug aorang yang siap untuk menyembelih, jadi posisinya itu hewan kurban segera dibaringkan di atas lambung sebelah kira lalu letakkan atau posisikan leher hewan tersebut agar menghadap ke kiblat sesuai syariat.

Apabila posisi sudah disesuaikan dengan benar, dengan diiringi bacaan takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali saja.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

Dilanjutkan dengan mengucapkan doa hendak menyembelih hewan kurban:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

“Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm”.

Jangan gunakan alat penyembelih yang tidak tajam

Ada satu hal yang cukup penting dalam rangka kegiatan ibadah menyembelih hewan kurban yaitu dengan menggunakan alat bisa berupa pisau atau alat sembelih yang sangat tajam sekali caranya bisa anda asah dulu pisaunya supaya benar-benar cukup tajam. Hal tersebut bisa kita lihat sabda Nabi Muhammad sebagai berikut ini:

“Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik dalam segala hal… jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihannya.” (H.R. Muslim).

Ringkasan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

Untuk acara kegiatan menyembelih herwan kurban, maka ada tata cara berkurban yang harus kita ikuti. Cara paling utama adalah robohkan terlebih dahulu hewan dengan kepala diarahkan untuk menghadap kiblat, diawali dengan membaca bismillah, lakukan sekali dengan gerakan potong pada leher hewan kurban, gantung kaki belakang hewan setelah selesai disembelih, ikat saluran makanan dan dubur hewan.

Kemudian setelah itu lakukan pengulitan dengan perlahan, keluarkanlah isi dalam hewan lalu pisahkan, segera bungkus terpisah dengan plastik khusus makanan, dan yang pasti tak tak kalah penting yaitu kita jaga kebersihan daging kurban supaya yang menerima hewan kurban merasa senang.

Jika anda punya alat untuk mengasah pisau maka bisa asah sendiri namun jika tidak punya maka bisa menggunakan jasa tukang asah pisau yang biasa keliling menawarkan jasa asah pisau.

Berikut ini tata cara pemotongan hewan kurban secara singkat

  1. Hewan kurban sapi ataupun kambing yang akan disembelih direbahkan dengan kaki sudah terikat.
  2. Wajah hewan kurban dihadapkan ke arah kiblat, begitu juga dengan proses pemotongan harus menghadap kiblat termasuk orang yang akan memotongnya.
  3. Pada saat mulai penyembelihan, pisau harus memotong urat nadi dan kerongkongan yang ada di sebelah kiri dan juga kanan leher.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Bacaan Doa & Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha semoga informasi mengenai tata cara penyembelihan hewan qurban menurut ajaran islam bermanfaat bagi kita semua khususnya orang yang sedang menjalankan ibadah kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *