Jadwal Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah menjelang Idul Adha 2021 1442H

Diposting pada

Jika kita lihat pada kalender hijriah maka kita sudah memasuki bulan ke dua belas yaitu sudahmasuk Zulhijah, Di bulan ini ada bermacam puasa sunah yang bisa kita amalkan. Baik langsung saja berikut ini adalah jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah 2021 atau 1442 H. Pihak dari Muhammadiyah sudah menentukan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha yaitu pada 20 Juli 2021 atau bertepatan dengan 10 Dzulhijjah.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk segera melaksanakan ibadah sunah puasa menjelang hari raya idul adha 2021 1442H, salah satunya adalah puasa arafah dimana ini disarankan bagi orang yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, sebagaimana kita tahu bahwa tahun 2021 ini tidak ada pelaksanaan ibadah haji, jadi disarankan untuk menjalankan amalan puasa.

Keutamaan puasa sunnah arafah itu begitu besar dimana waktu tersebut bertepatan dengan waktu wukuf di padang arafah yang dilaksanakan oleh orang yang sedang ibadah haji.

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim yang artinya sebagai berikut:

“Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Ibadah puasa sunah salah satunya puasa zulhijah ini merupakan puasa yang dilaksanakan di bulan zulhijah, jadi bisa dimulai di awal hari-hari pertama bulan ini dan bisa juga menjelang hari raya idul adha pada tanggal 20 juli 2021 atau di kalender islam tanggal 10 zulhijah 1442 Hijriah.

Perbedaan antara puasa tarwiyah dengan puasa arafah yaitu puasa tarwiyah diamalkan di tanggal 8 zulhijah sementara itu puasa arafah diamalkan pada hari arafah yaitu tanggal 9 zulhijah. Jadi misalkan kita mau puasa sunah maka bisa berturut-turut 2 hari sebelum hari raya agung idul adha.

Sebagai umat Islam kita dianjurkan dan disunahkan menjalankan ibadah puasa sebab ada banyak keutamaan bagi siapapun yang mengamalkannya.

Jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah 2021

Jadwal puasa Dzulhijjah, 1-7 Zulhijah yakni pada 11-17 Juli 2021

Bagi anda yang mencari tau apa bacaan niat dari puasa zulhijah ini. Berikut kami sampaikan bacaan niat puasa Dzulhijjah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala. Artinya: Saya berniat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala.

Jadwal Puasa Tarwiyah, 8 Zulhijah pada Minggu, 18 Juli 2021

Berikut niat puasa Tarwiyah:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala. Artinya: Saya berniat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala.

Jadwal puasa Arafah, 9 Zulhijah pada Senin, 19 Juli 2021

Berikut niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala. Artinya: Saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala.

Puasa sunnah Arafah bisa menjadi kafarat bagi dosa dua tahun orang yang mengamalkannya. Dosa yang dimaksud pada hadits ini adalah dosa kecil. Wallahu a’lam bishawab

Hari Raya Idul Adha, 10 Zulhijah pada 20 Juli 2021

Hari Tasyrik (haram berpuasa), 11-13 Zulhijah pada 21-23 Juli 2021

Di bulan zulhijah ini ada puasa sunah lainnya yang bisa kita amalkan yaitu puasa ayyamul bidh yaitu puasa di pertengahan bulan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 14,15,16 di bulan zulhijah 1442H

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh:

  1. Puasa Ayyamul Bidh, 14 Zulhijah pada 24 Juli 2021
  2. Puasa Ayyamul Bidh, 15 Zulhijah pada 25 Juli 2021
  3. Puasa Ayyamul Bidh, 16 Zulhijah pada 26 Juli 2021

Berikut ini adalah niat puasa Ayyamul Bidh; نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala. Saya berniat puasa sunah ayyamul bidh karena Allah ta’ala.

BACAAN NIAT PUASA DZULHIJAH, TARWIYAH, ARAFAH

  • Niat Puasa dari tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah “Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala.” (Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala).
  • Niat puasa Tarwiyah “Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillaahi ta’ala.” (Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala).
  • Niat puasa Arafah “Nawaitu shauma ‘arafata sunnatan lillaahi ta’ala.” Artinya: Saya niat puasa Arafah, sunah karena Allah ta’ala.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Jadwal Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah menjelang Idul Adha 2021 1442H semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi terkati, semoga berkah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *