Jus Sayur Untuk Diet Sehat Atasi Kolesterol

Diposting pada

Kolesterol jahat dapat dilawan antioksidan dalam sayuran hijau, seperti seledri. Sajian jus sayur untuk diet atasi kolesterol juga baik untuk kesehatan ginjal dan jantung, terutama melawan kolesterol jahat yang tidak terkontrol karena radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Banyak program diet dengan berbagai macam cara dan menu sehat yang disesuaikan dengan keluhan serta kondisi setiap orang.

Jus Sayur Untuk Diet Sehat Atasi Kolesterol

Tetapi, pada dasarnya program diet dilakukan karena alasan yang sama, yaitu melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan penimbunan lemak, keluhan jantung, kerusakan ginjal, penuaan dini dan masih banyak lagi. Semua program diet dapat dicapai dengan hanya fokus pada melawan radikal bebas yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Tentu dengan jus sayur untuk diet atas kolesterol sangat baik mengatasi dan mencegah semua keluhan tersebut. Jus sayur apa saja yang baik untuk melawan kolesterol?. Mari kita simak artikel hidup sehat kali ini.

Apakah benar kolesterol itu jahat?

Kolesterol merupakan sebuah senyawa yang terdapat dalam tubuh kita. Jika senyawa tersebut berlebihan, maka dampak yang ditimbulkan pun cukup fatal bagi anda. Hal pertama yang perlu diketahui yaitu pengertian dari kolesterol, kolesterol merupakan lemak yang berada dalam tubuh manusia dan diproduksi oleh organ hati.

Ada dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. Masing-masing dari kolesterol ini berbeda LDL merupakan Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat yang mengakibatkan adanya pengendapan pada arteri yang dapat memicu penyakit jantung ataupun stroke. Sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein adalah kolesterol baik yang tidak mengendap pada arteri dan juga berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yakni terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah dan melindungi jantung dari terserangnya penyakit jantung koroner.

Pada keadaan yang normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya apabila melebihi 240 mg yang dapat mengakibatkan stroke. Masalah kolesterol juga bisa muncul pada anak-anak namun pada umumnya masalah kolesterol berdampak pada usia menopause atau usia tua.

Beberapa gejala penyakit kolesterol tinggi yang nampak adalah adanya benjolan berwarna merah atau yang biasa disebut xanthomas yang biasanya disebabkan oleh adanya kolesterol tinggi. Pada beberapa orang ada juga yang merasakan kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau migraik yang sering kambuh.

Apa yang menyebabkan kadar kolesterol meningkat dalam darah? Ya, seseorang dengan pola hidup dan pola makan yang tidak terkendali bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Faktor terpenting yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak jahat.Seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali makanan cepat saji yang dipilih kebanyakan orang untuk dikonsumsi di sela-sela kesibukannya. Oleh karena itulah, konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan bisa menyebabkan tingginya kolesterol dalam darah.

Orang-orang kecanduan junk food adalah salah satu pengidapnya. Penyakit ini dapat disebut sebagai penyakit gaya hidup. Sebelum pengobatan kolesterol tinggi, Anda harus menghilangkan beberapa kebiasaan Anda yang merupakan faktor utama yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Di dalam tubuh Anda ada dua jenis lemak lemak baik (lipid kepadatan tinggi) dan lemak jahat (lipid kepadatan rendah atau kolesterol jahat).

Penyakit apa saja yang disebabkan karena kolesterol tinggi ?

Apa akibat kadar kolesterol tinggi? ketahui penyakit yang ditimbulkan yang disebabkan kolesterol berlebih. Penyakit kolesterol merupakan jenis penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, penyakit ini disebabkan oleh gejala yang dimana kadar kolesterol di dalam tubuh kita mengalami penngkatan yang melebihi batas normal. Kolesterol berlebih dapat menempel pada pembuluh darah, sehingga dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dimana alirah darh menjadi tidak lancar.

Jika sirkulasi darah mengalami penghambatan atau tidak lancar, maka dapat mempengaruhi jumlah oksigen yang disuplai ke organ jantung. Hal inilah penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Maka tak heran, jika seseorang yang memiliki kolesterol tinggi juga memiliki komplikasi dengan penyakit lain, seperti hati dan ginjal.

Apa yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol?

Perlu diketahui, menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh memang sangat penting. Maka dari itu, anda harus benar-benar menghindari jenis makanan yang mengandung minyak agar tidak memicu terjadinya kolesterol dalam tubuh. Bagi Anda yang merasa memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, sebelum mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cara alami. Adapun cara cepat menurunkan kolesterol secara alami dengan sajian bermanfaat berikut ini:

  1. Perbanyak konsumsi sayuran
    Cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Sayuran memiliki kandungan serat dan juga antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran berupa betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, sayuran juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. sayuran hijau mengandung vitamin B kompleks dan niasin yang mencegah pembekuan arteri. Yang bisa menjadi pilihan: bayam, seledri, kapri, brokoli, sawi hijau, paprika.
  2. Sebagai langkah tepat untuk pencegahan, anda bisa mengubah pola makan anda dan mengganti dengan makanan yang lebih sehat. Hindarilah jenis makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng atau daging-dagingan sebagai cara mencegah kolesterol tinggi. Perbanyak sayur dan buah-buahan sebab kandungan serat dalam sayur dan buah mampu melarutkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsilah air putih setidaknya 2 liter setiap harinya. Dan diperbolehkan mengkonsumsi obat tradisional kolesterol tinggi dari daun salam diatas sebagai langkah pencegahan.
  3. Kurangi jumlah Lemak Jenuh
    Sebuah penelitian mengklaim bahwa lemak jenuh sedikit meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat akan disimpan di dinding dalam pembuluh darah. Hal ini menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Namun, jika Anda mengambil lemak jenuh dalam diet Anda, asupan harian tidak boleh melebihi lebih dari 16 gram. Makanan umum yang mengandung lemak jenuh terutama berasal dari sumber hewani, misalnya mentega, daging sapi lemak, domba atau babi, unggas dengan kulit.
  4. Makan Banyak serat
    Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Studi telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran (5 sampai 10 gram per hari) dapat menyebabkan penurunan 5 persen kadar kolesterol dalam darah. Untuk menambahkan 5 sampai 10 gram serat dalam diet Anda berarti hanya memiliki buah atau sayuran sehari.
  5. Minyak zaitun
    Tanpa disadari, banyak makanan yang kita makan mengandung kadar kolesterol LDL yang tinggi. Untuk mengimbanginya, libatkan minyak zaitun ke dalam masakan atau makanan anda. Minyak zaitun diketahui dapat melawan kolesterol ‘jahat’ LDL. Minyak zaitun merupakan salah satu andalan dari diet mediterania yang telah disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda hanya perlu menambahkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *