3 Manfaat bawang putih untuk jerawat meradang & 4 khasiat kecantikan wajah

Diposting pada

Ada Banyak Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat. Bagi Anda yang hobi bermain di dapur alias memasak, Anda pasti sangat akrab dengan bawang putih bukan? Bawang putih adalah salah satu bahan yang berperan sangat besar dalam membuat masakan jadi sedap dan lezat.

Bumbu dapur yang satu ini memang hampir tak pernah terlewatkan dalam setiap sesi memasak. Mulai dari gorengan, sampai masakan berkuah santan, semuanya sepertinya memang butuh sentuhan bawang putih agar rasanya lebih sedap.

Manfaat bawang putih untuk jerawat meradang

Tahukah Anda kalau bawang putih ini tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang melezatkan masakan saja? Ternyata, ada banyak manfaat lain yang dimiliki oleh bawang putih. Manfaat tersebut adalah manfaat kesehatan dan perawatan kulit.

Dalam hal perawatan kulit, ternyata bawang putih ini dapat membantu mengatasi jerawat. Manfaat bawang putih untuk jerawat cukup tinggi dan sudah banyak diakui. Bawang putih diyakini efektif dalam melawan jerawat yang membandel.

Peranan bawang putih sebagai anti bakteri

Manfaat bawang putih untuk jerawat tak terlepas dari fungsinya sebagai zat anti bakteri sera anti viral. Kedua peranan bawang putih inilah yang mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit akibat jerawat.

Selain itu, peran bawang putih sebagai zat antibiotik alami juga sangat baik dalam mengatasi jerawat. Dengan antibiotik inilah, kuman serta bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Di dalam bawang putih, terdapat pula kandungan minyak atsiri yang tinggi. Minyak atsiri dapat berperan dalam mencegah munculnya jerawat pada kulit secara berlebih. Di tambah lagi, ada kandungan zat organ sulfur bernama allicin yang dapat berperan dalam melembutkan serta menghaluksan kulit wajah.

Manfaat Bawang Putih Perawatan Wajah

Dalam perawatan wajah, bawang putih sepertinya memang handal. Ada cukup banyak manfaat dari bawang putih yang bisa dimanfaatkan dalam kecantikan alias perawatan wajah. Beberapa manfaat bawang putih untuk wajah yakni :

  • Mengatasi jerawat. Sekilas sudah dijelaskan di atas bahwa bawang putih punya manfaat cukup baik dalam mengatasi jerawat. Sifat antibiotik yang dipadu dengan kandungan minyak atsiri sangat baik untuk mengatasi sekaligus mencegah munculnya jerawat.
  • Melembutkan Kulit Wajah. Bawang putih mempunyai senyawa allicin yang dapat membantu melembutkan dan membuat kulit wajah menjadi halus.
  • Melawan Penuaan. Bawang putih pun dipercaya efektif untuk membantu melawan munculnya garis-garis halus di wajah. Beberapa tetes air perasan bawang putih bisa Anda campurkan ke produk kecantikan wajah Anda.
  • Menghilangkan Komedo. Agar scrup penghilang komedo bekerja lebih efektif, coba campurkan dengan beberapa tetes ai perasan bawang putih. Bawang putih juga bisa langsung dioleskan ke daerah berkomedo.

Cara mengatasi jerawat dengan bawang putih

Manfaat bawang putih untuk jerawat memang sangat baik. Selain itu, cara mendapatkan manfaatnya untuk terbilang mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan jerawat di wajah Anda.

Caranya yaitu: Siapkan dua siung bawang putih. Cuci hingga bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, bawang putih yang telah dihaluskan ini dapat dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan sejenak sekitar 15 menit.

Terakhir, bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa -sisa bawang putih di wajah Anda. Jangan lupa bersihkan wajah Anda sebelum melakukan perawatan ini. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan secara teratur 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Apabila Anda merasa ribet halus menghaluskan bawang putih. Anda pun bisa langsung mengiris bawang putih jadi dua bagian. Lalu, oleskan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Setelah 15 menit, bilas sampai bersih wajah anda sampai terlihat menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *