Manfaat Daun Bawang Untuk Hidup Sehat

Diposting pada

Rasanya yang khas membuat daun bawang sangat disukai. Nutrisi yang kaya mineral serta vitamin inilah yang dinilai sangat baik untuk kesehatan kita, salah satunya untuk memperkuat tulang. Jika anda mengalami keluhan sakit sendi serta mencegah osteophorosis, tidak ada salahnya mulai rajin mengkonsumsi daun bawang ini sebagai salah satu sumber makanan bergisi, baik disajikan sebagai menu lalapan atau sajian masakan yang lain. Apa saja khasiat daun bawang, dan apa penjelasannya mengenai khasiat daun bawang untuk hidup sehat?. Mari kita simak paparan berikut.

Daun Bawang Untuk Memperkuat Tulang

Apa kandungan bergizi dari daun bawang ?

Dari beberapa penelitian, daun bawang dipercaya bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena di dalam daun bawang terkandung komponen sulfur yang menghasilkan aroma menyengat, nah sulfur itulah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Apa yang membuat bawang daun ini menjadi sangat bermanfaat?

  • Tentunya kandungan senyawa di dalamnya. Tanaman yang masuk dalam keluarga Alliaceae ini memiliki kandungan kandungan vitamin A, K dan C tinggi, asam folat, kalsium, potassium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori.
  • Tak hanya itu, antibiotik yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai antibakteri dan anti radang sehingga bisa menjaga tubuh dari infeksi.
  • Bagi penderita anemia, daun bawang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, karena mengandung zat besi tinggi. Daun bawang juga mengandung protein ferropotin yang berfungsi sebagai pengantar yang baik untuk zat besi ke dalam tubuh.

Bagi penderita jantung, sayuran yang berbentuk batang daun ini juga baik. Kandungan polisulfida dalam daun bawang berfungsi menjaga jantung dari berbagai penyakit. Kandungan lain yang ada dalam daun bawang adalah mangan, yaitu mineral pemicu produksi kolesterol baik dalam tubuh. Daun bawang merupakan sumber vitamin A, K dan vitamin C.

Apa saja khasiat daun bawang untuk hidup sehat?

Kabar baik bagi Anda yang suka menyantap makanan dengan bawang daun, karena ternyata bumbu dapur tersebut sangat baik untuk kesehatan. Manfaat daun bawang untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan mata
Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

2. Baik untuk wanita hamil
Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

3. Menjaga kesehatan tulang
Vitamin K, ternyata juga terdapat di daun bawang. Vitamin K ini sangat penting demi menjaga kesehatan tulang, ia dapat membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi di tulang. Ini juga membantu karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin, yang begitu penting sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang agar tidak mudah terjadi berbagai macam penyakit di tulang.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

5. Menyehatkan pencernaan
Kesehatan pencernaan merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Karena di sanalah awal mula proses penyerapan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Daun bawang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu dapat juga mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

6. Kaya mineral, rendah kalori
Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.

7. Menyehatkan jantung
Sayuran ini baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ini berkat senyawa cycloalliin yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga mencegah penggumpalan. Juga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.

8. Mencegah diabetes
Daun bawang ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini berkat kandungan phyto-kimia yang ada di dalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

9. Mengobati cacingan
Anak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.

10. Mencegah anemia
Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah yang berada di dalam tubuh. Bila Anda mengalami kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun bawang ini. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Saat pengonsumsian, Anda dapat menambahkannya di dalam sup.

Itu beberapa khasiat daun bawang untuk kesehatan anda yang dapat dengan mudah kita konsumsi melalui berbagai sajian makanan.

Bagaimana cara menamam bawang dirumah secara organik ?

  1. Cara menanam bawang daun dalam pot atau polybag tidak jauh berbeda dengan budidaya di lahan terbuka.
  2. Jenis benih yang ditanam dan pupuk yang diperlukan relatif sama. Hanya saja jenis media tanamnya berbeda sehingga memerlukan perlakuan khusus.
  3. Bawang daun (Allium fistulosum) merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan bumbu atau bahan penyedap masakan.
  4. Bentuk daunnya bulat panjang, berongga seperti pipa. Ujungnya meruncing sedangkan pangkalnya padat berwarna putih. Pada jenis yang lain seperti Allium porum bentuk daunnya pipih seperti pita.

Daerah paling ideal untuk menanam bawang daun adalah dataran tinggi dengan rentang ketinggian 900-1700 meter dpl. Suhu pertumbuhan ideal berkisar 19-24oC dengan kelembaban 80-90%. Meskipun begitu, bawang daun masih bisa tumbuh di dataran rendah yang bersuhu panas.

Untuk cara menanam bawang daun secara organik, bibit langsung ditanam. Sedangkan untuk cara non-organik bibit bisa direndam dahulu dalam larutan fungisida sebelum ditanam. Perendaman dilakukan pada dosis rendah, 30-50% dari dosis anjuran selama 10-15 menit. Fungsinya untuk menghindari serangan jamur pada akar.

Buat lubang tanam pada pot atau polybag yang telah disiapkan. Dalam lubang tanam sekitar 10 cm. Masukan bibit tanaman, satu wadah untuk satu tanaman. Posisi tanaman tegak berdiri. Kemudian tutup dengan media tanam hingga kuat mencengkeram. Siram bibit tersebut agar tetap lembab.

Waktu yang tepat untuk penanaman pada pagi data sore hari. Saat matahari tidak terlalu terik sehingga suhu udara dan laju respirasi tidak terlalu tinggi. Letakkan pot atau polybag di tempat yang mendapat penyinaran matahari penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *