5 Cara Menghemat Baterai Smartphone Dengan Mudah

Diposting pada

Sebuah smartphone android itu memang memiliki kinerjanya sendiri untuk bisa kalian gunakan untuk berbagai keperluan. Dan salah satu yang menarik dari smartphone itu adalah dari segi jumlah kapasitas baterainya. Memang untuk kapasitas sebuah baterai di dalam smartphone android memiliki spesifikasi yang masing-masingnya itu berbeda antara satu dengan lainnya. Akan tetapi, baterai yang cepat terkuras, walaupun anda memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar, menjadikan anda perlu melakukan beberapa langkah untuk menghemat kapasitas baterai ini dengan baik. Sebab jika baterai dalam smartphone anda sering habis pada saat sedang digunakan, maka akan berdampak kurang baik pada kinerja smartphone yang anda miliki.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Dengan Mudah

Untuk melakukan penghematan baterai pada smartphone android anda ini, anda bisa melakukannya dengan mudah. Langkah –langkahnya sebenarnya sangat sederhana. Bahkan sebenarnya anda juga bisa tidak menggunakan aplikasi penghemat baterai sekalipun. Untuk anda yang penasaran apa saja cara atau tips yang bisa anda gunakan untuk menghemat baterai smartphone android anda, berikut ini adalah beberapa ulasan tips menariknya yang bisa anda coba untuk lakukan.

  • Gunakan wallpaper hitam

Jika smartphone android anda memiliki layar AMOLED, maka anda akan bisa menghemat baterainya dengan menggunakan wallpaper hitam ini. Nah, untuk wallpaper dengan warna gelap, akan menyebabkan daya baterai menjadi lebih sedikit yang digunakan, anda bisa melakukan perubahan kecil ini bahkan bisa dengan mudah menghemat baterai hingga 6 persen dengan menggunakan wallpaper hitam, atau warna gelap ini.

  • Atur tingkat kecerahan

Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Sangat tidak direkomendasikan untuk anda jika menggunakan fitur auto brightness karena justru akan memberikan tingkat kecerahan yang lebih dari yang anda perlukan. Hal ini juga akan menyebabkan daya baterai anda menjadi lebih cepat terkuras.

  • Atur waktu tidur android

Selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan dalam waktu tidur android anda. Layar yang menyala dalam wkatu lama, akan menyebabkan baterai menjadi semakin terkuras dengan mudah atur waktu tidur layar android anda hanya dalam waktu 15 detik saja, selanjutnya anda bisa dengan mudah menghemat penggunaan daya secara lebih mudah.

  • Matikan fitur pintar

Hal selanjutnya yang juga bisa anda lakukan adalah dengan menonaktifkan fitur pintar yang ada didalamnya. Karena dalam pengoperasian fitur pintar ini, akan memerlukan konsumsi daya baterai yang tidak sedikit. Maka dari itu, jika anda ingin mendapati baterai android anda bisa lebih hemat berkali lipat, maka sebaiknya gunakan fitur manual saja.

  • Matikan getaran dan umpan balik

Motor elektrik yang digunakan untuk bisa menimbulkan getaran dalam smartphone android anda akan menyebabkan energi yang ada dalam baterai android anda semakin terkuras habis. Selain itu, semakin sering digunakan, tentu saja akan menyebabkan energi menjadi lebih cepat terkuras habis dan terbuang. Nonaktifkan getaran dan umpan balik untuk memudahkan anda dalam menghemat baterai.

Tentu saja dengan cara ini, anda akan tidak dengan mudah kehabisan daya baterai smartphone android anda. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *