Resep Bumbu Nasi Goreng Pinggir Jalan yang Enak & Spesial

Diposting pada

Resep bumbu nasi goreng pinggir jalan yang enak – Sebagian dari kita saat malam hari terasa lapar setelah itu berinisiatif mencari makanan dan yang biasa tukang dagang keluar malam hari itu salah satunya adalah tukang nasi goreng tapi di pinggir jalan juga biasa ada banyak yang menjualnya umumnya jualannya sepaket sama mie instant baik itu goreng ataupun mie rebus. Setelah transaksi membeli nasi gorang maka dibawa pulang dan dimakan di dalam rumah sebab diluar udara malam hari terasa dingin. Disini saya akan memberi tahu bagaimana resep bumbu nasi goreng pinggir jalan yang enak dan apa rahasia nasi goreng pinggir jalan lebih nikmat.

Nasi goreng yang dipesan itu terasa enak dan lezat terlebih lagi jika rasanya itu pedas, pertanyaannya mengapa pada umumnya nasi goreng pinggi jalan rasanya enak, sebagian dari kita mungkin ingin membuatnya sendiri sehingga perlu mengetahui apa resep bumbu nasi goreng tersebut sehingga rasanya enak dan lezat sehingga banyak pembeli yang datang untuk makan di tempat.

Resep Bumbu Nasi Goreng Pinggir Jalan yang Enak

Resep bumbu nasi goreng pinggir jalan berikut tips supaya rasanya enak

  1. Goreng nasi dengan porsi secukupnya saja.
    • Supaya nasi goreng yang kita buat itu tercampur merata dengan bumbu maka kami menyarankan untuk satu kali memasak itu bisa antara 2 hingga 3 porsi, sementara itu jika berlebihan maka itu akan membuat bumbu yang sudah dibuat menjadi tidak merata serta nasi yang ada kurang matang dengan baik, sehingga hal tersebut membuat nasi goreng jadi kurang enak, maka dari itu sesuaikan bumbu yang ada dengan jumlah porsi jangan kebanyakan nasi.
  2. Gunakan nasi yang dingin juga tidak lembek
    • Nasi yang hendak digunakan itu perlu nasi yang sudah dingin bukan nasi masih panas yang baru jadi serta perlu juga nasi tersebut teksturnya tidak lembek, jika anda menggunakan nasi panas yang baru matang itu biasanya agak lembek dan basah, jika dipaksakan maka akan terasa lengket sewaktu digoreng dan rasanya juga kurang mantap. Hampir dari semua pedagang nasi goreng itu memakai nasi yang sudah matang dari kemarin supaya bisa dimasak pada hari ini, jadi tips dari kami yaitu jika mau goreng nasi maka masak nasi hari ini lalu dinginkan dan simpan di kulkas bisa juga simpan di magiccom dalam keadaan tidak nyala tapi jangan lupa tutupnya dibuka lalu baru setelah itu bisa digoreng pada pagi harinya. Sementara kalau tukang nasi goreng itu biasanya masak nasi pada malam hari lalu nasi disimpan kemudian supaya siap di masak pada malam hari berikutnya.
  3. Siapkan wajan yang cukup besar
    • Agar nasi goreng yang dibuat itu bisa matang secara merata dan rasanya enak maka gunakanlah wajan dengan ukuran cukup besar dengan itu maka nasi dapat diaduk secara lebih cepat dan merata. Perlu tahu juga bahwa sebelum digunakan maka wajan sebaiknya sebelumnya sudah dipanaskan. Para chef resto sampai pedagang pun jika memasak nasi goreng mereka selalu menggunakan wajan ukuran besar sebab jika kita pakai wajan kecil maka bisa terjadi kemungkinan masih ada gumpalan nasi serta masaknya tidak merata dengan baik.
  4. Sajikan saat kondisi panas
    • kadar minyak dalam nasi goreng itu cukup banyak jadi perlu juga untuk segera sajikan dalam kondisi panas sebab makanan yang mengandung banyak minyak apabila disantap maka rasanya kurang mantap tidak enak, jadi kita usahakan agar santap nasi goreng selagi masih panas dan masih ada aroma wanginya juga jangan lupa sediakan kerupuk untuk menemani santap nasi goreng.
  5. Gunakan Baceman bawang putih
    • Satu rahasia besar saat membuat nasi goreng yang enak dan lezat ini adalah baceman bawang putih, inilah yang menjadi rahasia dalam resep bumbu nasi goreng spesial dimana tidak banyak orang yang mengetahuinya. Jadi bunda dan sahabat perlu untuk menyediakan baceman bawang putih untuk disertakan dalam bumbu nasi goreng, baik disini saya akan beritahu caranya silakan disimak.
      • Bahan Bahan
        1. Minyak goreng sediakan secukupnya.
        2. Buah kemiri sebanyak cukup 1 biji saja.
        3. Bawang putih sebanyak 100 gram atau sesuaikan.
      • Cara buat Baceman Bawang Putih
        1. Langkah pertama yaitu kita kupas bawang putih terlebih dahulu, lalu cuci dan tiriskan sampai kering.
        2. Sementara itu kita haluskan 1 biji kemiri dengan cara di tumbuk, lalu segera tambahkan bawang putih yang telah kering kemudian tumbuk secara kasar saja.
        3. Berikutnya masukkan tumbukan kemiri dan bawang putih ke dalam toples kaca yang kedap udara juga ada penutupnya, setelah itu masukkan minyak goreng secukupnya sampai tumbukan bawang putih terendam semua, lalu tutuplah dengan rapat, fermentasikan atau biarkan selama sekitar kurang lebih seharian.
        4. Perlu diketahui bahwa penggunaan baceman bawang putih ini adalah digunakan sebagai pengganti bawang putih yang di iris tipis.
        5. Semakin lama baceman bawah putih disimpan maka akan semakin enak, Tetapi pastikan baceman tersebut habis dalam 14 hari ya bunda dan sahabat. Kemudian simpan baceman pada suhu ruang selama 7 hari lalu segera untuk pindahkan ke dalam kulkas selama seminggu berikutnya lagi.
resep nasi goreng abang-abang

Resep Bumbu Nasi Goreng Pinggir Jalan yang Enak dan Spesial

Bahan :

  • Nasi sebanyak setengah kg sampai 600 gr
  • Cabai merah sebanyak 3 buah saja.
  • Siapkan daun bawang 1 batang. Iris halus
  • Kecap manis cukup 2 sendok makan
  • Garam 1 sdt
  • Merica ¼ sdt
  • Minyak secukupnya
  • Daging ayam 125 gram cincang halus.
  • Telur 1 butir Kocok halus.
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung

Baca juga: Takaran Sendok Makan ke Dalam Gram

Cara Memasak

  • Langkah pertama yaitu masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah ke dalam cobek lalu haluskan.
  • Gorenglah telur menjadi orak-arik lalu sisihkan.
  • Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian di tumis dengan minyak secukupnya. Tumis terus menerus sampai ada aroma harum.
  • Masukkanlah ayam cincang, telur, dan daun bawang ke dalam bumbu. Tumis lagi terus menerus sampai merata.
  • Tambahkan kecap, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  • Setelah itu baru kemudian masukkan nasi dan aduk hingga rata.
  • Nasi goreng sudah jadi dan sajikan pada piring saji yang sudah disiapkan.
baceman bawang putih

Rahasia Nasi Goreng Pinggir Jalan Lebih Nikmat

Mungkin dari sebagian kita pernah melihat atau perhatikan beberapa botol yang ada di gerobak penjual nasi goreng, nah bagi yang belum tahu itu isinya bumbu cair rahasia yang tidak banyak orang yang mengetahuinya, ternyata botol itu isinya baceman bawang putih, dimana bacem itu komposisinya bawang putih dan kemiri yang ditumbuk dengan halus. Itu dia rahasianya bumbu nasi goreng pinggir jalan.

Apabila kita perhatikan penjual nasi goreng pinggir jalan akan membesarkan api saat sedang menumis bumbu-bumbu. Namun, segera mengecilkan api sewaktu memasukkan nasi ke dalam wajan. Baru kita sadari ternyata, besar kecilnya api pada wok atau wajan itu rupanya sangat memengaruhi nasi yang sedang dimasak. Bumbu yang digunakan pun dengan mudahnya segera meresap pada masakan sehingga nasi goreng jadi lebih enak.

Resep nasi goreng kampung enak dan sederhana

Dari sekian sekian banyaknya varian nasi goreng yang paling sering dirindukan orang yaitu nasi goreng kampung. Ini disebabkan karena bahan-bahan untuk pembuatan nasi goreng ini sederhana dengan rasa yang enak dan nikmat meskipun sederhana. Cara membuat nasi goreng kampung juga tak sulit caranya mudah saja silakan disimak ya bunda dan sahabat.

Bahan-bahan yang perlu untuk kita siapkan untuk 2 porsi

  • 2 piring nasi putih
  • 2 sendok makan daging ayam rebus/goreng yang disuwir halus
  • 50 gram daun kol yang sudah diiris secara halus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm daun bawang iris kasar

Sebagai bahannya Pelengkap sebagai berikut:

  • Acar mentimun
  • Kerupuk kanji
  • Telur dadar

Siapkan bumbu halus

Untuk bumbu halusnya, mari kita siapkan 3 buah cabe merah keriting, 1 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 butir kemiri, 1/2 sdt merica bubuk, dan 1 sdt terasi bakar. Tumbuk semua bahan sampai benar-benar sudah halus dan tercampur secara merata.

Masak nasi goreng kampung

Pertama-tama kita panaskan 2 sdm minyak sayur dalam wajan cekung, tumis bumbu halus sampai matang dan aroma wangi. Kemudian, kita tambahkan nasi, daging ayam, kol dan bahan lainnya.

Terakhir aduk-aduk di atas api sedang sampai seluruhnya tercampur rata dan nasi sudah agak kering. Bahan pelengkap kita gunakan dengan cara taburi daun bawang, aduk sebentar lalu angkat. Sajikan nasi goreng kampung sederhana tapi enak dengan Pelengkapnya silakan dicoba. Apabila anda suka resep nasi goreng putih maka abaikan kecap manis dan kecap asin dalam bahan-bahan yang diperlukan. Resep nasi goreng kampung tanpa kecap atau resep nasi goreng jawa itu mudah saja caranya sama dengan diatas hanya jangan tambahkan kecap saja. Apabila anda suka dengan resep nasi goreng kampung pedas maka tinggal tambahkan irisan cabe rawit secukupnya.

Baca juga:

Itulah dia resep bumbu nasi goreng pinggir jalan yang enak yang bisa bunda dan sahabat bikin sendiri di rumah, kami berharap semoga resep masakan ini bisa menginspirasi para pembaca agar bisa juga membuat atau memasak nasi goreng yang enak lezat mudah dan praktis layaknya yang dibikin oleh tukang nasi goreng di pinggir jalan karena kita jadi mengetahui bumbu nasi goreng pinggir jalan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *