Bacaan Doa Niat puasa Sunnah Ayyamul Bidh beserta artinya

Diposting pada

Ayyamul Bidh merupakan puasa yang bisa kita lakukan pada tiap tengah bulan hijriah, jadi kita berpuasa tiga hari di tiap bulannya tepatnya di pertengahan bulan yaitu pada setiap tanggal 13, 14 dan 15 pada bulan hijriah kecuali pada hari tasyri di tanggal 13 dzulhijah itu tidak boleh puasa sunah.

Puasa Tiga Hari Setiap Bulan dan Puasa Ayyamul Bidh

Biasakan puasa sunnah Sahabat, banyak manfaatnya Insya Alloh.

Jadwal Puasa ayyamul bidh di bulan februari tahun 2020 ini jatuh pada tanggal:

  • hari Jumat, 07 Februari 2020 atau 13 Jumadil Akhir
  • hari Sabtu, 08 Februari 2020 atau 14 Jumadil Akhir
  • hari Ahad, 09 Februari 2020 atau 15 Jumadil Akhir

Sebagaimana kita tahu bahwa Ayyamul Bidh juga dikenal dengan puasa putih disebabkan pada tanggal 13,14, dan 15, bulan sedang terlihat terang benderang menuju purnama menjadi tampak putih bercahaya.

Berikut ini adalah niat puasa Ayyamul Bidh beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala. Artinya: “Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala.”

Sementara itu ahli puasa juga akan bisa mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat kelak. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, dimana yang masuk pintu tersebut adalah termasuk orang yang rajin melakukan puasa Ayyamul Bidh. Itulah dia keutamaan dari puasa Ayyamul Bidh yang perlu kita ketahui. Baca juga 5 Keutamaan Amalan Puasa Di Bulan Muharram.

Apa hukum puasa ayyamul bidh?

Jawabannya hukum puasa Ayyamul Bidh bagi umat Islam yaitu sunah. ada ustadz yang mengatakan, puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan, antara lain pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Baca juga:
Bacaan Doa Niat Puasa Asyura 10 Muharram

Demikianlah info bermanfaat tentang puasa ayyamul bidh, sekarang anda sudah tahu jadwalnya yaitu mulai dari hari jumat hingga hari minggu selama 3 hari di pertengahan bulan berdasar kalender hijriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *