Niat Shalat Istisqa Untuk Memohon Turunnya Hujan Serta Tata Cara Melaksanakannya

Diposting pada

Niat Shalat Istisqa Untuk Memohon Turunnya Hujan – kita tahu bahwa shalat istisqa itu merupakan sholat sunnah dimana dilakukan secara berjamaah di lapangan dalam rangka meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan yanglebat, sholat ini dianjurkan dan disunahkan untuk orang yang bermukim di tempat yang jarang terjadi hujan serta para musafir yang benar-benar memerlukan air sebab belum ada hujan turun dan juga belum ada air dari sumbernya terutama pada musim kemarau kita sangat membutuhkan turunnya hujan.

Niat Shalat Istisqa (Memohon Turunnya Hujan) Dan Tata Cara Melaksanakannya

Cara melaksanakan dan mendirikan shalat istisqa ini ada sejumlah cara yakni diantaranya adalah dengan berdoa dimana saja serta kapan saja dengan suara yang lembut. Kita juga dapat menambahkan bacaan doa istisqa d yaitu doa meminta turunnya hujan pada waktu khutbah jumat terutama diantara dua khutbah itu bacaan doa lebih makbul. Anda juga bisa lakukan istisqa dengan cara melaksanakan shalat 2 rakaat yang dibarengi dengan 2 khutbah.

Inilah Tata Cara Melaksanakan Shalat Istisqa

1. Disarankan sebelum jamaah segera akan melaksanakankan shalat Istisqa Imam dan para ulama memerintahkan jamaah untuk berpuasa selama 3 hari. dan dianjurkan pula untuk berbuat dan beramal baik seperti bersedekah, bertaubat dari segala macam dosa, berdamai dengan sesama muslim yang di musuhi dan melepaskan diri dari perbuatan dosa.

2. Di hari yang ke-empat, Imam dan masyarakat keluar rumah ke area tanah lapang atau di lapangan jika ada untuk segera melaksanakan shalat Istisqa’. Dianjurkan sebaiknya menggunakan pakaian yang sederhana dan tidak memakai wewangian serta tidak bersolek. Dalam pada itu warga masyarakat dianjurkan untuk memperbanyak membaca bacaan istighfar memohon ampun kepada Allah Swt.

3. Sesudah salam, khatib membacakan dua khutbah. Pada khutbah yang pertama dimulai dengan membaca istighfar sebanyak sembilan kali dan pada khutbah yang kedua dimulai dengan membaca Istigfar sebanyak tujuh kali.

Pelaksanaan Khutbah dalam Shalat Istisqa’

Khutbah dalam shalat Istisqa sedikit berbeda dengan khutbah Jum’at atau yang lainnya, yaitu:

1. Khatib di sunnahkan memakai selendang

2. Isi khutbah berupa anjuran agar beristighfar dan merendahkan diri kepada Allah Swt, serta berkeyakinan bahwa Allah akan mengabulkannnya. Yaitu menurunkan hujan.

3. Saat berdoa, hendaknya mengangkat tangan lebih tinggi sehingga terbuka antara lengan dan badannya.

4. Di khutbah yang kedua, saat berdoa hendaknya khatib berpaling ke arah kiblat (membelakangi makmum) dan bersama-sama berdoa.

5. Saat berpaling ke kiblat, khatib hendaknya, mengubah selendangnya, yang kanan ke kiri dan yang diatas ke bawah.

Bacaan Niat Salat Istisqa’

Untuk niat shalatnya dapat disampaikan dalam hati atau dilafalkan. Berikut lafal niat shalat Istisqa’ lengkap dengan latin dan artinya:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْاِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

 Ushallii Sunnatal Istisqaa’i Rak’ataini (imaaman/ma’muuman) Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya: “Aku menyengaja salat sunnah minta hujan dua rakaat (sebagai imam/makmum) karena Allah Ta’ala”

Demikian sudah info tentang Niat Shalat Istisqa Untuk Memohon Turunnya Hujan Serta Tata Cara Melaksanakannya. Semoga setelah kita melaksanakan sholat istisqa maka diturnkan hujan yang lebat dan berkah sehingga warga masyarakat menjadi riang gembira, suasana dan hawa saat kemarau itu bikin gerah, dengan adanya hujan turun maka menjadi adem kembali, silakan anda praktekkan shalat istisqa ini agar dimudahkan turun hujan yang bermanfaat bagi manusia dan makhluk lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *