Tafsir Ayat-ayat Al-Quran tentang Akhlak dan Perilaku Manusia

Diposting pada

salah satu perilaku manusia yang sering diperlihatkan dalam kehidupan itu adalah akhlak, sebenarya ada dua jenis akhlak yaitu yang pertama adlaah akhlak mahmudah artinya adalah perlikau baik seseorang, dan yang kedua adalah akhlak mazmumah artinya adalah akhlak perilaku tidak baik pada seseorang. Cuma sedikit orang menekankanperilaku buruk jadinya hanya perilaku danperbuatan baik saja yang diperlihatkan akan tetapi ada juga sebaliknyayang lebih menekankan perilaku baik sementara perilaku tidak baik selalu ditampilkan oleh mereka.

Tafsir Ayat-ayat Al-Quran tentang Akhlak dan Perilaku Manusia

Seorang ahli bidang psikologi berkata bahwa agar bisa terbentuk seorang perilaku manusia maka dianjurkan untuk dimulai sejak mereka masih kecil, dan ketika mereka masih anak-anak agar ketika dewasa perilaku danakhlaknya selalu baik sebab setelah mereka remaja atau lulus SMA maka tidak begitu mudah untuk merubah kelakuan dan akhlaknya, laksana pohon apabila pohon masih kecil maka tentu mudah untuk meluruskannya sedangkan jika pohon bengkok sewaktu besar maka tidaklah mudah untuk meluruskannya. Tapi kami perhatikan berdasarkan pengamatan maka ada anak yang dari lahir itu sudah membawa akhlaknya sendiri, jadi karakter sifat anak itu berbeda-beda wlaupun merupakan anak dari kedua orang tua yang sama, tapi penting juga untuk mengajarkan anak dari waktu kecil agar besarnya tidak merepotkan misalnya anda ajak anak untuk bantu menyapu halaman rumah atau menyuruh untuk bantu cuci piring agar mereka merasakan dan memahami kebaikan.

Oleh sebab itu dalam al-quran terdapat banyak ayat ayat yang menerangkan mengenai akhlak dimana diterangkan ada akhlak yang baik dan juga akhlak yang buruk. Baiklah disini silakan anda simak sejumlah ayat-ayat al-quran mengenai perilaku manusia itu sendiri.

Tafsir Ayat-ayat Al-Quran tentang Akhlak dan Perilaku Manusia

Surat Luqman Ayat 18 وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِي ٱلۡأَرۡضِ مَرَحًاۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٖ فَخُورٖ Artinya: Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (Q.S. Luqman: 18)

Surat Luqman Ayat 19 وَٱقۡصِدۡ فِي مَشۡيِكَ وَٱغۡضُضۡ مِن صَوۡتِكَۚ إِنَّ أَنكَرَ ٱلۡأَصۡوَٰتِ لَصَوۡتُ ٱلۡحَمِيرِ Artinya: Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (Q.S. Luqman : 19)

Surat Luqman Ayat 14 وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنٖ وَفِصَٰلُهُۥ فِي عَامَيۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيۡكَ إِلَيَّ ٱلۡمَصِيرُ Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (Q.S. Luqman: 14)

Surat Al-Isra Ayat 37 وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا Artinya: Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung (Q.S. Al-Isra: 37)

Surat Al-Maidah Ayat 8 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ Artinya: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. Al-Maidah: 8)

Surat Al Qalam Ayat 1-4 نٓۚ وَٱلۡقَلَمِ وَمَا يَسۡطُرُونَ ١ مَآ أَنتَ بِنِعۡمَةِ رَبِّكَ بِمَجۡنُونٖ ٢ وَإِنَّ لَكَ لَأَجۡرًا غَيۡرَ مَمۡنُونٖ ٣ وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٖ ٤ Artinya: 1. Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis 2. berkat nikmat Tuhanmu kamu (Muhammad) sekali-kali bukan orang gila 3. Dan sesungguhnya bagi kamu benar-benar pahala yang besar yang tidak putus-putusnya 4. Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung (Q.S. Al Qalam: 4)

Surat Al-Baqarah Ayat 263 قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ Artinya: Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun (Q.S Al-Baqarah: 263)

Demikianlah yang bisa kami sampaikan kepada anda tentang Ayat-ayat Al-Quran tentang Akhlak dan Perilaku Manusia. Semoga setelah mengerti ayatnya dan memahami artinya maka bisa mengubah kita semua agar menjadi orang yang berakhlak baik dan bisa membantu dan menolong sesama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *