Tempat Pembuangan Akhir Disulap Menjadi Taman yang Indah

Diposting pada

Ketika anda sedang mengunjungi sanak famili atau silaturahmi ke saudara di surabaya berarti anda mempunyai kesempatan yang baik untuk mencicipi indahnya taman-taman kota Surabaya. Selain dikenal dengan taman metropolitan, Surabaya juga dikenal dengan kota taman karena mempunyai banyak taman yang terletak di berbagai sudut kota Surabaya. Taman-taman tersebut antara lain taman apsari, taman ekspresi, taman prestasi, taman persahabatan, taman lansia, taman kunang-kunang, dan lain-lain.

Bukan hanya itu saja Surabaya masih mempunyai beberapa taman kota lagi diantaranya Taman Flora Surabaya, Taman Bungkul Surabaya, Kebun Bibit Surabaya. Taman Bungkul surabaya sudah mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik se-asia atau Asean Townscape Awards (ATA) yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 2013. Selain itu Surabaya juga punya Taman Harmoni Keputih Surabaya.

Taman Harmoni Keputih Surabaya merupakan mega proyek yang ada di  Surabaya Timur dalam rangka meratakan pembangunan taman di seluruh kota  Surabaya dan upaya menyuburkan kembali tanah eks tempat pembuangan akhir  (TPA) sampah keputih setelah 11 tahun ditutup. 

Tanah yang luasnya 50 ha ini rencanaya tidak hanya untuk taman berbunga saja atau ada juga yang menyebutnya taman sakura keputih Surabaya, tapi akan dibangun track sepeda, sungai buatan, air mancur, tanaman obat, rumah baca, kantor pengelola, musholla, kantin, gazebo, arena outbond, taman bermain anak, taman remaja, taman lalu lintas dan wacana dibangun rumah susun.

Saat ini untuk biaya masuk taman harmoni keputih surabaya ini gratis alias tidak dikenakan biaya kecuali untuk parkir kendaraan saja. Sama dengan taman-taman kota di Surabaya lainnya yang juga gratis. Konsep dari taman sakura keputih ini merupakan kombinasi dari taman kota dan hutan kota. Dimana 5 ha dari 50 ha digunakan untuk sentra PKL atau kawasan perdagangan.

Selain itu, ada sebuah tempat rindang yang bisa kita kunjungi. Tempat tersebut bernama Hutan Bambu. Bagi sebagian orang, mungkin agak terdengar aneh bila di Surabaya terdapat area perhutanan, apalagi bambu yang menjadi tanaman utamanya. Hutan bambu di Surabaya yang berada di kawasan Keputih Tegal ini sangat cocok dijadikan sebagai obyek fotografi. Deretan pohon bambu yang rindang dengan dibelah sebuah jalan setapak beralur panjang menjadi daya tarik hutan ini.

  • Bila dilihat, hutan bambu ini tidak berbeda dengan deretan pohon bambu pada umumnya. Daun-daun bambu yang berwarna hijau terang, memenuhi seisi area tersebut.
  • Deretan hutan bambu ini memiliki tatanan pepohonan bambu yang rapi dan memanjang. Dalam satu area hutan bambu, terdapat sekitar 4 alur jalan setapak.
  • Setiap jalan bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri setiap bagian hutannya. Suasananya terlihat sangat rimbun. Banyak pula dedaunan bambu yang telah mati berjatuhan memenuhi permukaan tanah.
  • Sinar matahari di pagi hari dapat menerobos celah-celah daun bambu dan menyinari sebagian penjuru hutan bambu. Sebagian sudut lain, terlihat gelap oleh rerimbunan dedaunannya.

Untuk Anda yang akan berkunjung ke Surabaya, sangat dianjurkan untuk mampir ke taman-taman tersebut. Karena Anda akan mendapati pemandangan alam yang indah ditengah hiruk pikuk kota besar Surabaya. Anda dijamin tidak akan rugi dengan hamparan pemandangan yang telah disajikan dengan apik dan menarik. Ajaklah keluarga ataupun pasangan Anda saat berkunjung ke tama-taman tersebut. Dan jangan lupa untuk mengabadikan setiap Momen yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *