Tholabul Ilmi Faridhotun Ala Kulli Muslimin Wal Muslimat Tulisan Arab dan Artinya

Diposting pada

Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wal muslimat tulisan arab dan artinya – tholabul ilmi adalah potongan dari sebuah hadits dimana artinya adalah menuntut imu,lengkapnya yaitu Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin. Ilmu itu berasal dari bahasa arab yang artinya adalah mengetahui atau tahu akan suatu hal. Sementara itu berdasarkan dari istilah maka ilmu merupakan pengetahuan mengenai suatu bidang yang disusun secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu yang sudah ditentukan.

Bagi anda yang belum tahu kami jelaskan bahwa tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin merupakan hadits menuntut ilmu dan keutamaan menuntut ilmu.

Lihat juga: Doa Sebelum Belajar Dan Setelah Belajar Berikut Artinya

Apa yang dimaksud dengan Tholabul Ilmi?
Tholabul ‘Ilmi adalah mencari ilmu karena mengharapkan ridho dan kasih sayang Allah SWT.

Keutamaan menuntut ilmu

Salah satu aset berharga bagi umat manusia adalah ilmu sebab dengan ilmu ini maka kita sebagai manusia bisa aktivitas dan menjalankan hidup dengan lebih mudah danlebih baik, ada berbagai macam ilmu di dunia ini salah satunya yaitu transportasi dengan adanya ilmu maka teknologi transportasi jadi lebih baik sehingga bisa mengantar kita lebih cepat ke suatu tujuan dari sebelumnya, misalnya dulu kan kendaraan kereta kuda sedangkan sekarang adalah mobil dimana lebih cepat dan lebih banyak memuat barang.

Oleh sebab itulah, wajib bagi kita setiap muslim untuk menuntut ilmu hingga ajal menjemput. Sebagaimana pernah diucapkan oleh Imam Ahmad bin Hambal,” Manusia sangat berhajat dengan ilmu lebih daripada hajat mereka ke makanan dan minuman”.

Sebuah kewajiban menuntut ilmu dapat dilaksanakan di sekolah, madrasah, TPQ, anda bisa belajar sendiri di rumah maupun berkelompok. Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang memiliki ilmu, sehingga orang-orang yang berilmu didasarkan atas iman, maka akan diangkat derajatnya oleh Allah.

Tholabul ‘Ilmi Faridhotun ‘Ala Kulli Muslimin Arab dan Artinya Lengkap

Tholabul ‘ilmi arab dan artinya adalah sebagi berikut
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Latin : Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin

Artinya : Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat (H.R Ibnu Majah, Baihaqi, dll)

Berdasarkan hadits diatas dapat kita fahami bahwa kewajiban menuntut ilmu yaitu ilmu agama, dimana ilmu ini yang dapat menuntun setiap umat Islam saat hidup di dunia dan untuk kemenangan di akhirat.

Hadist Menuntut ilmu Anak tk, remaja dan untuk kita semua, bagaimanakah bunyi hadist menuntut ilmu? “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913). … “Barang siapa keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai ia kembali.

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tuntutlah ilmu walau ke negeri China, sesungguhnya menuntut ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim.” (Diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, No. 1612).”

Demikian penjelasan tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wal muslimat tulisan arab, Dengan penjelasan diatas semoga kita lebih mengerti keutamaan menuntut ilmu, semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *