Wisata Danau Berwarna Merah di Turki

Diposting pada

Danau Berwarna Merah Darah di Turki – Mungkin Anda mengira gambar tersebut adalah laut merah. Namun, sebenarnya itu adalah gambar sebuah danau air asin di Turki bernama Danau Tuz Golu. Mungkin sebagian dari Anda melihat fenomena alam ini mengerikan. Tapi, tidak perlu khawatir karena fenomena danau berwarna merah darah ini ternyata dihasilkan oleh populasi ganggang Dunaliella algae salinas, penghasil karotenoid.

Danau Berwarna Merah Darah di Turki

Danau Berwarna Merah Darah di Turki

Danau Berwarna Merah Darah di Turki

Tuz Golu adalah salah satu danau garam terbesar di dunia, dan terletak pada lempeng tektonik di dataran tinggi Turki bagian tengah yang kering. Luasnya mencapai 580 mil persegi, dengan kedalaman 3-6 kaki. Danau Tuz Golu ini merupakan danau terbesar kedua di Turki.

Tuz Golu yang artinya “danau garam” biasanya saat musim panas akan mengering dan memperlihatkan lapisan garam setebal hingga 30 cm. Surutnya danau ini biasanya akan meninggalkan retak dataran garam yang memasok setengah dari kebutuhan garam di Turki

  • Danau ini juga menjadi rumah bagi fauna jenis flaminggo pink.
  • Warna pink yang dimiliki flaminggo ini berasal dari makanan mereka yang sebagian besar dari ganggang yang ada di Danau Tuz Golu yang kaya akan beta karoten merah.
  • Namun, meski organisme di dalamnya memiliki sifat antioksidan, Christoper Gobler, profesor riset ekologi kelautan Stony Brook University, tidak menyarankan untuk meminum air Danau Tuz Golu ini.

Danau Tuz Golu yang terletak di wilayah Anatolia pusat ini perlahan-lahan menguap di tengah musim panas dan berubah warna menjadi merah jingga. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Danau Tuz Golu ini. Sehingga, banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi danau unik ini.

Selain warna yang menyala dari danau ini, keberadaan flaminggo pink juga menjadi salah satu daya tarik yang kuat untuk memikat wisatawan. Jadi, jika Anda ingin melihat secara langsung fenomena alam yang unik ini langsung saja datang ke Turki dan menikmati keindahan Danau Tuz Golu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *