Wisata Kalibiru Pesona Alam Dari Atas Pohon

Diposting pada

Wisata alam Kalibiru merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di daerah Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Kalibiru mempunyai hawa yang sejuk dan udara segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur.

Wisata Kalibiru Pesona Alam Dari Atas Pohon

Pada mulanya Kalibiru adalah hutan milik pemerintah, akan tetapi hutan tersebut saat ini dikelola oleh masyarakat dan dikembangkan menjadi wisata alam sekaligus wisata edukasi. Saat Anda ke tempat ini, Anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Dari puncaknya Anda dapat melihat hamparan perbukitan sekaligus dapat melihat keindahan waduk Sermo dari atas pohon.

Obyek wisata Kalibiru menjadi begitu populer karena menara pandangnya yang ada di sebuah pohon dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Menara pandang tersebut sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto wisatawan.

Kalibiru Pesona Alam Dari Atas Pohon

Obyek wisata Kalibiru menjadi begitu populer karena menara pandangnya yang ada di sebuah pohon dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Menara pandang tersebut sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto wisatawan.

Berhubung lokasinya di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang tersebut harus naik tangga. Karena itu ada seorang penjaga yang akan membantu pengunjung. Demi kenyamanan bersama dan alasan keselamatan, tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Selain menara pandang di atas pohon, di Kalibiru juga terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dicapai. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dengan pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Saat pagi hari wisatawan bisa menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja pemandangan sunset akan menghiasi liburan Anda di Kalibiru.

  • Kalibiru dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan, fasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond.
  • Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 100 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat.
  • Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox, di Kalibiru juga terdapat fasilitas permainan ini yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa.

Jadi, siapkan mental Anda untuk berlibur di Kalibiru. Jangan lupa  mengajak teman dan orang-orang terkasih Anda untuk melihat keindahan di Kalibiru. Dan siapkan memori kamera Anda karena akan ada banyak obyek yang bagus untuk Anda abadikan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *